Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokyo, Pasar Properti Paling Top Asia di Awal Tahun Ini!

Kompas.com - 05/04/2016, 20:36 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Firma konsultasi realestat Savills memaparkan bahwa saat ini Tokyo merupakan pasar properti paling penting di Asia. Data itu disampaikan berdasarkan laporan survei Savills di 12 kota selama kuartal pertama tahun ini.

Laporan tersebut meliputi studi tentang residensial, real estat komersial, peringkat kota berdasarkan konektivitas global, indikator ekonomi, kekuatan dan daya saingnya.

Berada di tempat keempat secara global, biaya akomodasi di Tokyo per orangnya selama setahun untuk hidup dan bekerja rata-rata adalah 69.800 dollar Amerika Serikat (AS) atau senilai Rp 921,9 juta.

Jumlah tersebut mendekati setengah dari jumlah biaya akomodasi hidup dan bekerja di London yang menempati posisi pertama sebesar 112.800 dollar AS atau setara dengan Rp 1,5 miliar per orang per tahun.

Singapura, yang menempati posisi lima secara global, mengikuti ibu kota Jepang tersebut kendati mencatat penurunan tingkat pertumbuhan sewa di segmen perumahan dan kantor. Masing-masing capaiannya sebesar 6 persen dan 3 persen pada 2015.

Savills mencatat pertumbuhan saat ini bergeser dari Timur ke Barat dengan munculnya kota-kota baru dengan progres kecepatan yang besar bersama dengan kota-kota kelas dunia lainnya. Contohnya Berlin dan Dubai yang saat ini dijuluki sebagai "kota kaya baru" karena daya saingnya di era digital.

"Analisis peringkat kota yang kami lakukan menggarisbawahi pada dua hal. Pertama, level sewa dan pertumbuhannya tergantung kepada pencapaian kota-kotas. Kemudian yang kedua mempertahankan atau menumbuhkan daya saing melawan kota-kota global lainnya," bunyi pernyataan Savills dalam laporannya.

Adapun Mumbai selama 10 tahun terakhir dilaporkan memiliki pertumbuhan modal paling besar di dunia yang mencapai angka 184 persen. Posisinya diikuti Shanghai di peringkat dua sebesar 173 persen, serta Hongkong di nomor tiga sebesar 167 persen.

Sementara itu, Singapura memiliki pertumbuhan modal paling besar sepanjang 10 tahun terakhir di regional Asia Tenggara sebesar 105 persen. Kota-kota lainnya yang mengisi laporan Savills tersebut adalah London (1), New York (2), Paris (3), Hong Kong (6), Sydney (7), Los Angeles (8), Chicago (9), Dubai (10), Shanghai (11), dan Moscow (12).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com