Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Perhotelan di Jakarta Merosot

Kompas.com - 25/02/2016, 10:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Performa bisnis perhotelan di Jakarta selama Januari 2016, memperlihatkan kemerosotan signifikan ke level terendah sejak 2006.

Menurut laporan STR Global yang diterima Kompas.com pada Kamis (25/2/2016), Jakarta mengalami penurunan pada tiga metriks kinerja utama; tingkat hunian, tarif harian rerata atau average daily rate (ADR), dan pendapatan per kamar yang tersedia atau revenue per available room (RevPAR). 

Pada metriks tingkat hunian, turun sebesar 6,2 persen menjadi 49,5 persen dari Desember 2015. Sementara pada metriks ADR menjadi Rp 1,115 juta atau melorot 2,1 persen.

Sedangkan pada metriks RevPAR, hotel-hotel di Jakarta menunjukkan catatan Rp 552.866 atau anjlok 8,1 persen.

STR Global menganalisa, serangan teroris pada 14 Januari di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, ternyata tidak berdampak terhadap permintaan.

"Permintaan tetap stabil karena langkah-langkah pengematan pemerintah yang dimulai pada tahun 2014 lalu," tulis STR Global.

Sebaliknya, meningkatnya pasokan sebanyak 6,5 persen menjadi penyebab utama di balik tingkat hunian yang menyentuh level terendah sejak tahun 2006.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com