Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung Sedang "Selfie" Hanya Ada di Museum Ini

Kompas.com - 04/02/2016, 10:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Pengalaman menyelam di bawah laut dan sekaligus bisa menyaksikan sebuah museum di dalamnya pasti akan menjadi destinasi sempurna bagi para pencari sensasi berbeda.

Dibuat khusus untuk para penyelam dan kehidupan laut, museum bawah laut Eropa yang pertama dibuka di perairan Pulau Lanzarote, Spanyol.

Museum Atlantic, begitu namanya, dibuat di dasar Teluk Las Coloradas. Saat ini Museum Atlantik telah memiliki satu set patung yang dibuat oleh seniman internasional Jason deCaires Taylor yang terinspirasi oleh "the defense of ocean" atau "pertahanan samudera."

DeCaires Taylor sendiri sebelumnya telah memasok instalasi patung serupa di museum bawah laut di Bahama, Meksiko, dan Antillen.

Karyanya, terbuat dari beton ramah lingkungan, menggambarkan adegan-adegan dari kehidupan sehari-hari dan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kelautan.

Museum Atlantic berada di kedalaman antara 12 meter hingga 15 meter. Patung-patung berbentuk manusia akan turut membantu dalam pembentukan terumbu karang buatan yang juga akan bertindak sebagai situs perkembangbiakan spesies lokal.

Patung-patung itu salah satunya diberi nama "Content" yakni patung berupa pasangan yang tengah melakukan selfie di bawah laut.

Selain itu ada pula "The Rubicon" yang terdiri dari 35 patung manusia berjalan di bawah ombak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com