Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

George Lucas Siap Bangun Rumah "Star Wars" Tahun Depan

Kompas.com - 19/12/2015, 16:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Film Star Wars episode 7 bertajuk The Force Awakens memang telah tayang sejak kemarin. Namun, ada satu hal lagi yang perlu menjadi perhatian para penggemar film sains fiksi tersebut, yakni Rumah Star Wars.

Rumah Star Wars merupakan Museum Narasi Seni George Lucas yang akan mengambil lokasi di Chicago, Amerika Serikat. Museum seluas 2,8 hektar itu berisikan semua koleksi pencipta Star Wars, George Lucas.

Koleksi-koleksinya antara lain memorabilia film termasuk karya seni, set film, properti film Star Wars terdahulu, dan semua hal dari film Star Wars lainnya.

Rumah Star Wars tepat berada di tepi Danau Michigan dan akan bersebelahan dengan Soldier Field, stadion milik klub American football, Chicago Bears.

Selain itu, lokasinya juga berada dalam salah satu ruang terbuka hijau di dekat parkiran Stadion Soccer Field, sehingga para pendukung Chicago Bears bisa mampir sejenak sebelum menyaksikan pertandingan.

Dipilihnya Chicago sebagai lokasi museum oleh Lucas dan Disney, perusahaan yang kini menaungi Lucas tak lepas dari keengganan pemerintah kota San Fransisco untuk menyerahkan tanah di Presidio sebagai lokasi pembangunan museum.

Beruntung Wali kota Chicago, Rahm Emanuel mencium rencana ini. Seolah melakukan sihir layaknya Yoda, dia mampu memindahkan museum ke Chicago yang notabene merupakan kampung halaman istri Lucas, Mellody Hobson.

San Fransisco dan Lucas memang memiliki hubungan dekat karena Skywalker Ranch, kampus legendaris Lucasfilm yang berada di Marin, California, pinggiran San Fransisco.

Rencananya, proses ground breaking museum akan dilakukan pada musim semi 2016 dan selesai serta beroperasi menyambut pengunjung pada 2019.

Namun, tidak semua orang setuju dengan pembuatan Rumah Star Wars. Baru-baru ini terdapat sebuah kelompok non-profit yang menggugat pembangunan museum dan menuduhnya merampas lahan publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com