Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Bangun Rumah Khusus Tentara Veteran

Kompas.com - 02/12/2014, 14:08 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan Sorg Architects baru-baru ini melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah bagi tentara veteran tunawisma. Sorg Architects tidak hanya menyediakan hunian tetapi juga pelayanan sosial bagi mereka.

Konstruksi bangunan resmi dimulai September lalu. Upacara ground-breaking sendiri dilakukan sebelum Hari Veteran, dan dihadiri oleh Wali Kota Washington DC, Vincent Gray dan Sekretaris U.S. Department of Housing and Urban Development Julian Castro.

Bangunan tersebut dinamakan John and Jill Ker Conway Residence dan merupakan proyek nonprofit Community Solutions serta pengembang McCormack Baron Salazar. Rumah tersebut berlokasi di kawasan NoMa.

"Lokasinya tepat di pusat kota, dan hanya beberapa blok dari utara Union Station. Daerah ini memiliki banyak potensi pemandangan yang bagus di selatan, barat dan timur. Oleh sebab itu, kami memanfaatkan potensi tersebut dan membangun rumah untuk veteran di sini," kata Kepala Sorg Architects, Suman Sorg.

Bangunan ini memiliki tinggi 36 meter, mencakup 124 unit. Luas per unit serentang 118 hingga 123 meter persegi. Di dalamnya terdapat ruang tamu dan ruang makan dengan dapur terbuka. Sekitar setengah dari unit-unit ini diperuntukkan bagi veteran tunawisma dan sisanya menjadi perumahan umum yang terjangkau.

Konstruksi rumah tersebut menggunakan tiga material: logam bergelombang, kaca, dan batu. Sorg mengatakan, tiga material ini merupakan material yang utama.

Sebelumnya, Sorg sempat berpikir untuk memecah bangunan tersebut dalam skala kecil. Pada akhirnya, ia pun mengatur secara horizontal dan per blok. Pengaturan ini memberi kesan bangunan tidak stabil.

Bangunan senilai 33 juta dollar AS (Rp 406 miliar) tersebut akan dibiayai oleh pemerintah dan swasta. Panitia proyek ini berharap dapat menyelesaikannya pada akhir tahun depan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com