Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, "Groundbreaking" Lego House Gunakan Lego Raksasa!

Kompas.com - 21/08/2014, 10:23 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Firma arsitektur Bjarke Ingels Group (BIG) memulai proses pembangunan LEGO House di Billund, Denmark, dengan cara unik.

Alih-alih melakukan seremoni seperti biasa, BIG menggunakan bata-bata berbentuk khas LEGO dalam upacara groundbreaking atau pemancangan tiang pertama. Prosesi ini dilakukan Selasa (19/8/2014) waktu setempat.

 
Principal BIG sendiri, Bjarke Ingels, turun tangan menyusun bata-bata LEGO di situs pembangunan. Seperti disaksikan dalam Archdaily dan laman Instagram milik Bjarke Ingels, masing-masing bata LEGO yang disusunnya tampak begitu mirip dengan versi mungil aslinya.
 
LEGO House, menurut jadwal, akan dibuka untuk umum pada 2016 mendatang. Fasilitas berukuran 12.000 meter persegi ini diperkirakan akan menyambut 250.000 pengunjung setiap tahun. 
 
Dalam pernyataan resminya, Bjarke Ingels mengungkapkan bahwa LEGO memegang peranan penting dalam menumbuhkembangkan kreativitas anak. Berawal dari permainan sederhana, anak-anak bisa mengekspresikan dan mengimajinasikan berbagai bentuk, dunia, dan konstruksi istimewa.
 
"Bagi kami, bata LEGO mewujudkan gagasan kreatifitas sistematis. Kekakuan dan rasionallitas bata LEGO memungkinkan anak-anak dari segala usia secara tak terbatas menciptakan dunia mereka sendiri dan menghuni dunia tersebut ketika bermain. Kami telah terinspirasi oleh modularitas bata LEGO untuk membangun rumah bagi LEGO," ujarnya.

Bjarke mendambahkan, LEGO House akan tampil seperti awan LEGO yang saling tertaut yang membentuk ruang untuk eksplorasi dan ruang pamer bagi pengunjung di dalamnya. Di luar, tumpukan batu bata membentuk atap dari atap persegi, juga pegunungan teras yang saling terhubung, serta taman bermain bagi penduduk Billund. Bagi pengunjung lokal dan pelancong, LEGO House akan membentuk pusat jantung kota Billund baru yang hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com