Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangga Spiral, Menyuntik Nuansa Klasik di Perpustakaan Cantik!

Kompas.com - 12/07/2014, 15:08 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Tangga dan rak buku membungkus atrium berlantai tiga gedung perpustakaan universitas ini. Sebuah konsep yang dirancang oleh Adept, studio arsitektur berbasis di Denmark untuk menggambarkan apa yang mereka sebut dengan "lingkaran pengetahuan". 

Kehadiran perpustakaan Dalarna Media Library itu memang menggantikan gedung parkir mobil di Dalarna University, Kota Falun, Swedia. Mengadaptasi bentuk lahan miring, Adept lebih memainkan peranan tangga dan rak-rak buku sebagai aksesoris utama di dalamnya.

www.dezeen.com Adept menggunakan ruang di tengahnya untuk fungsi umum dan ruang pertemuan, serta zona tenang untuk membaca. Sementara itu, ruang lain yang lebih kecil digunakan untuk kebutuhan lebih khusus dan kerja kelompok para mahasiswa.
"Perpustakaan yang ada terlalu kecil, dan terbatas dari zona kebisingan," kata arsitek Martin Laursen Dezeen.

"Itulah mengapa kami membangun perpustakaan baru sebagai arena klasik, dengan konsep terbuka," katanya.

Adept menggunakan ruang di tengahnya untuk fungsi umum dan ruang pertemuan, serta zona tenang untuk membaca. Sementara itu, ruang lain yang lebih kecil digunakan untuk kebutuhan lebih khusus dan kerja kelompok para mahasiswa. Sangat nyaman berada di ruangan ini, apalagi dengan adanya pemandangan lingkungan berbukit ke arah luar gedung.

www.dezeen.com Ruang lain yang lebih kecil digunakan untuk kebutuhan lebih khusus dan kerja kelompok para mahasiswa. Sangat nyaman berada di ruangan ini, apalagi dengan adanya pemandangan lingkungan berbukit ke arah luar gedung.
Di bagian lantai yang lebih rendah, Adept menyiapkan ruangan itu sebagai ruang teater dengan posisi kursi yang menghadap panggung teater. S
ementara itu, kehadiran televisi berukuran besar senagaj disediakan untuk menayangkan siaran berita, atau film.

"Kami mencoba membuat gerakan besar di dalam gedung ini, yaitu menggabungkan kehidupan kota dan lingkungan belajar," ujar Laursen.

www.dezeen.com Adept menggunakan ruang di tengahnya untuk fungsi umum dan ruang pertemuan, serta zona tenang untuk membaca.
"Dengan cara ini, bangunan tersebut bukan hanya berfungsi sebagai perpustakaan, melainkan juga mengakomodasi kebutuhan kuliah, teater, konser klasik, dan akan menyiarkan Kejuaraan Dunia Ski tahun 2015 nanti," tambahnya.

www.dezeen.com Kehadiran perpustakaan Dalarna Media Library itu memang menggantikan gedung parkir mobil di Dalarna University, Kota Falun, Swedia
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com