Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah "Split Level", Trik Cerdas Mengakali Lahan Miring

Kompas.com - 10/07/2014, 17:44 WIB
Latief

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Rumah beton di Swiss Maret District ini dirancang oleh Studio Zurich Kit dengan bentuk split level. Ruang tamunya menggantung di atas area makan eksternal. Unik dan cantik!

Dikenal dengan nama Rumah di Distrik Maret, properti ini dirancang oleh Kit untuk keluarga yang ingin rumahnya memiliki banyak ruang, termasuk garasi untuk empat mobil, di lingkungan di lingkungan padat penduduk. Untuk meminimalkan jejak bangunan dan menyediakan keragaman ruang internal yang diminta oleh klien, arsitek mengatur ruangan atau kamar berdasarkan kemiringan alami dari tanah tempat bangunan itu berpijak.

"Bangunan ini dirancang sebagai split level untuk membuat sambungan ke taman di sekitarnya," jelas seorang arsitek dari Studio Zurich Kit.

"Hal ini memungkinkan adanya urutan ruang sesuai derajat kemiringan serta kualitas cahaya yang masuk ke dalamnya," tambahnya.

Di atas garasi di lantai dasar dan basement yang "terendam" di bawah bagian taman yang miring, ruang tamu di dalamnya memiliki kualitas pencahayaan berbeda, privasi serta pandangan (view) yang berbeda.

Pintu masuknya tampak di samping garasi dan di bawah ruang tamu kantilever. Hal tersebut menyebabkan posisi tangga naik diarahkan melalui pusat rumah, dan terbagi menjadi dua bagian.

"Alih-alih ruang tamu di lantai dasar dan ruang pribadi di atas, keduanya dipaksa berdampingan dalam bentuk vertikal, yang dibagi dengan dinding tunggal," kata si arsitek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com