Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsitek Chili Rancang Struktur "Donat Raksasa"

Kompas.com - 02/07/2014, 11:46 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Serpentine Gallery London telah meluncurkan struktur pahatan unik yang menyerupai donat raksasa untuk event  tahunan di Kensington Gardens.

Struktur sementara tersebut merupakan paviliun arsitektur terbaru yang diciptakan arsitek asal Chili, Smilijan Radic.

Dia merancang paviliun Serpentine Gallery dengan menumpukkan struktur pada serangkaian batu-batu besar, terbuka di satu sisi dan memiliki area pamer sangat luas.

Paviliun karya Radic ini berbahan baku serat kaca (fiberglass) dan dapat diakses publik selama empat bulan. Paviliun ini dirancang untuk menjadi ruang sosial multifungsi bagi masyarakat dan setiap Jumat malam digunakan sebagai tempat pertunjukan seni, puisi, musik, film, sastra dan karya seni lainnya.

Karya Radic merupakan bagian dari serangkaian galeri taman yang telah dibuat sejak tahun 2000, dengan desainer yang berbeda setiap tahun.

Sebelumnya, nama-nama besar juga telah ikut ambil bagian merancang paviliun ini. Sebut saja Ai Weiwei, Oscar Niemeyer dan Jean Nouvel. Radic merupakan arsitek ke-14 yang mendapat kehormatan membuat paviliun Kensington Gardens.

Siapakah Radic? Arsitek kelahiran 21 Juni 1965 ini punya rekam jejak cukup kuat. Dia tercatat merupakan perancang sejumlah bangunan di Chili, Jepang, dan Austria.

Paviliun Serpentine mulai dibuka untuk publik pada Kamis (3/7/2014) hingga 19 Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com