Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sssttt... Di sinilah Perpustakaan Barack Obama Bakal Berdiri!

Kompas.com - 01/07/2014, 16:18 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Firma arsitektur global HOK baru saja mengusulkan rencana pembangunan Perpustakaan Presiden Barack Obama. Bekerja sama dengan Museum Campus Foundation, sebuah organisasi nirlaba, pengajuan proposal itu adalah mengidentifikasi kawasan Bronzeville, sebuah lingkungan bersejarah di sisi selatan Chicago, yang akan dijadikan lokasi proyek tersebut.

Dalam proposal itu HOK memaparkan tujuannya untuk mempromosikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan mendorong pembangunan ekonomi di wilayah Bronzeville. Skema pembangunan proyek itu akan mencakup pembangunan lebih besar dari sebelumnya, termasuk rencana memperluas museum kampus Chicago dalam rangka memberikan akses publik yang lebih baik.

Untuk mengundang kunjungan masyarakat ke kawasan tersebut, area taman hijau akan ditinggikan sehingga akan menawarkan pemandangan mengesankan ke sekelilingnya. Di sisi lain, hal itu akan menciptakan ruang hijau yang penting dan menciptakan potensi pembentukan rumah pertanian vertikal, bahkan bukan tak mungkin didedikasikan untuk kebutuhan penelitian di bidang lingkungan hidup.

www.designboom.com Untuk mengundang kunjungan masyarakat ke kawasan tersebut, area taman hijau akan ditinggikan sehingga akan menawarkan pemandangan mengesankan ke sekelilingnya.
"Ini tantangan. Dengan sepenuhnya menyadari potensi kawasan ini, Perpustakaan Presiden Barack Obama akan menjadi bagian hidup dari sejarah dan akan mendorong pembangunan ekonomi kawasan ini," jelas Peter Ruggiero, desainer HOK.

"Perpustakaan ini merupakan benih transformasi yang, setelah ditanam, akan memiliki kekuatan untuk merevitalisasi kawasan yang penting ini. Ini akan menciptakan ruang-ruang perkotaan baru yang akan menghidupkan kembali gairah ekonomi masyarakat setempat," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com