Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2014, 11:22 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Zaha Hadid menang lagi. Kali ini, arsitek beken yang berbasis di Inggris tersebut memenangkan Design of the Year Award besutan Design Museum, London, untuk Heydar Aliyev Center di Baku, Azerbaijan.

Kemenangan Hadid kali ini sungguh istimewa. Pasalnya, Heydar Aliyev Center merupakan karya arsitektural pertama yang memenangkan kompetisi Design of the Year. Hadid pun menjadi perempuan pertama yang meraih posisi tersebut.

Seperti dikutip BBC, pemenang kompetisi ini secara khusus dipilih oleh dewan juri di antara lebih dari 70 nominasi desain. Kompetisi tersebut terbagi dalam kategori arsitektur, digital, fashion, furnitur, grafik, produk, dan transportasi.

Salah satu anggota juri, seorang penulis, jurnalis, dan penyiar radio, Ekow Eshun mengatakan, karya Hadid begitu cantik, inspiratif, dan luar biasa. "Karya ini cantik, menginspirasi, ini adalah visi jernih dari satu kejeniusan dan kami pikir ini merupakan hasil karya luar biasa," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Hadid hanya membalas, "Kami sangat senang menerima penghargaan Design of the Year."

Sang arsitek kemudian menjelaskan bahwa permukaan Heydar Aliyev Center seolah terangkat dan kemudian melipat untuk menegaskan deretan ruang publik di dalamnya. Bangunan tersebut seolah menyambut para pengunjung yang datang dari seluruh penjuru.

"Ini adalah lanskap arsitektural, di mana konsep aliran spasial yang mulus menjadi nyata. Karya ini menciptakan ruang publik berjenis baru bagi kota," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com