Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpera Tuntut Status Kelembagaan Penuh

Kompas.com - 14/05/2014, 08:06 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz bersikukuh menuntut status Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) dinaikkan lebih tinggi menjadi kementerian penuh.

Awal tahun lalu, permintaan ini sudah ditolak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) lantaran masa bhakti Djan tersisa 1,5 tahun. Sekarang, meski waktu kian menipis, Menpan justru memberi sinyal positif.

Djan mengungkapkan hal tersebut saat temu wartawan menjelang masa akhir jabatannya di Jakarta, Selasa (13/5/2014).

 
"Saya sudah mengajukan kepada Menpan untuk mengubah Kemenpera menjadi kementerian penuh. Menpan secara prinsip sudah menyetujui. Kita sudah menunjuk konsultan. Konsultan sudah mulai bekerja, kita masih nunggu konsultannya kapan kelar-nya," ujar Djan.
 
Menurutnya, dengan meningkatkan status Kemenpera mejadi kementerian yang berada dalam kategori lebih tinggi dengan portofolio, Kemenpera bisa memiliki anggaran lebih besar dan kewenangan lebih luas.

Selain itu, kelembagaan penuh pun bisa membuat Kemenpera lebih giat menyediakan rumah bagi penduduk Indonesia, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sebagai catatan, hingga saat ini, Indonesia kekurangan 15 juta unit rumah. Jumlah ini akan terus membengkak saat kebutuhan rumah setiap tahun yakni 800.000 hingga 1 juta unit per tahun hanya bisa terpenuhi 150.000-200.000 unit.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com