Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara Gherkin "Merayu" Investor Internasional

Kompas.com - 25/04/2014, 10:52 WIB
Latief

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - Investor internasional akan segera antre untuk menawarkan investasinya pada gedung yang menjadi salah satu ikonik Kota London, Gherkin. Gedung pencakar langit berbentuk mentimun itu menjadi salah satu landmark London paling terkenal sejak dibuka 10 tahun lalu.

Setinggi 180 atau 590 kaki, Gherkin berada di 30 St Mary Axe dan menjadi salah satu landmark London paling terkenal sejak dibuka 10 tahun, yang tepat jatuh pada bulan ini.

"Broker akan tergiur pada perubahan kepemilikan ini, dan itu akan menjadi penawaran yang baik," kata Tim Leckie, analis dari JPMorgan Chase & Co.

"Investor ingin 'tiket besar', mereka menginginkan lokasi inti," tambahnya.

Saat ini, investasi properti di pasar komersial London naik senilai 6,9 miliar Dollar AS. Ini sebuah rekor untuk kuartal pertama. Berdasarkan data Cushman & Wakefield Inc, meningkatnya harga sewa kian menarik para pembeli di luar negeri, termasuk pemerintah Kuwait dan Houston, yang berbasis di Texas Hines global REIT Inc.

Deloitte LLP dikabarkan telah menyewa Gherkin untuk mengambil alih bangunan tersebut. Namun, James Igoe, juru bicara Deloitte, menolak mengomentari apakah menara tersebut akan ditawarkan untuk dijual. Menurut IVG Immobilien AG, Jerman, pada 2012 lalu bangunan tersebut masih senilai 473 juta poundsterling hingga 510 juta poundsterling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com