Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Rumah Sakit Tampil Semakin Unik....

Kompas.com - 10/04/2014, 18:42 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Herzog & de Meuron memenangkan kompetisi desain rumah sakit di jantung hutan Denmark. Firma arsitektur ini maju dengan rencana pembangunan rumah sakit low rise berbentuk daun semanggi empat cabang.

Tidak hanya bentuknya yang unik. Fitur rumah sakit tersebut benar-benar menunjukkan ambisi Herzog & de Meuron membuktikan, bahwa ambisi dan fungsi arsitektur juga bisa dikombinasikan di dalam rumah sakit.

Rumah sakit bernama New North Zealand Hospital tersebut akan dibangun di daerah utara Kopenhagen, tepatnya di Hillerod. Untuk proyek ini, Herzog & de Meuron tidak akan bekerja sendiri. Mereka akan bekerja sama dengan firma lokal, Vilhelm Lauritzen Architects.

Dezeen Rumah sakit berbentuk daun semanggi ini berada di utara Kopenhagen, tepatnya di Hillerød. Rumah sakit bernama New North Zealand Hospital tersebut akan menjadi proyek Herzog & de Meuron pertama di Skandinavia.

Spesifikasi yang ditampilkan New North Zealand Hospital itu menarik. Bangunannya terdiri dari paviliun low rise. Bangunan rumah sakit tersebut dibuat tidak lebih tinggi dari empat lantai. Meski tidak akan menjulang tinggi, bangunan itu diharapkan mampu menampung 24 departemen medis.

Selain itu, bangunan tersebut juga menyediakan taman berukuran besar di bagian atapnya. Herzog & de Meuron yakin, rancangan itu mampu mendemonstrasikan bahwa ambisi arsitektur dan fungsinya bisa dikombinasikan dalam sebuah rumah sakit.

"Pemilihan adalah tanda seminalis bagi para arsitek arsitek dan seluruh sektor kesehatan: bangunan rumah sakit yang rendah dan datar dapat terintegrasi lebih baik di kota atau di pedesaat daripada struktur high rise yang sering dibangun sejak bertahun-tahun lalu," ujar studio pemenang tersebut.

Berdasarkan hasil rendering tampak bahwa desain Herzog & de Meuron memang dengan lembut berhasil menyatu dengan lanskap di sekeliling rumah sakit. Sayangnya, para pasien dan tenaga medis yang ingin menikmati rumah sakit ini harus menunggu cukup lama.

Bangunan ini dijadwalkan akan efektif beroperasi pada 2020. Sementara itu, ekspansinya baru akan dilakukan pada 2050.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com