Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar "Freezer" Bersih dan Tak Berbau

Kompas.com - 02/04/2014, 15:26 WIB
KOMPAS.com - Langkah pertama sebelum membersihkan lemari pendingin di rumah adalah mengosongkan barang-barang yang ada di dalamnya dan mencairkan air yang membeku. Cara mudahnya adalah Anda bisa mencabut listrik lemari pendingin tersebut dan tunggu sampai es-es tersebut mencair.

Namun, jika masih ada es menempel, Anda bisa menggunakan pisau untuk membantu melepaskan es tersebut. Anda juga bisa menggunakan hair dyer untuk mempercepat proses pencairan es batu yang mengganggu di dalam lemari pendingin tersebut.

Setelah semua es mencair Anda bisa mengelap bagian dalam lemari pendingin tersebut dari sisa-sisa air atau makanan yang masih menempel di dalam. Gunakan kain putih bersih atau kaus bekas Anda yang masih bersih dan sudah tidak terpakai lagi.

Langkah berikutnya adalah menggunakan cuka yang dicampur dengan air. Komposisinya adalah satu bagian cuka dan 3 bagian air bersih. Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan noda-noda membandel yang menempel di dalam lemari pendingin tersebut. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Bahan lain dapat digunakan adalah baking soda. Anda bisa mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan beberapa sedok makan air. Bahan pembersih alami ini termasuk ampuh untuk membersihkan lemari pendingin dibandingkan dengan bahan kimia lainnya.

Selanjutnya. Anda bisa menunggu lemari pendingin itu benar-benar kering. Setelah itu, masukkan penghilang bau yang dapat dibeli di minimarket terdekat agar lemari pendingin Anda tidak berbau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com