Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Musuh Utama Furnitur!

Kompas.com - 13/01/2014, 14:03 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Banjir adalah ancaman utama bagi perabot atau furnitur kayu. Tapi, awas, jangan terburu-buru membuang perabotan kayu Anda setelah terendam banjir.

Ada cara untuk menyelamatkan perabotan kayu di rumah Anda. Apalagi jika perabotan kayu itu terbuat dari kayu utuh. Sayang kalau harus lantas dibuang! Simak caranya berikut ini:

Mayones

Setelah menyelamatkan perabotan kayu Anda, bersihkan perabotan tersebut di bawah air mengalir sambil disikat menggunakan detergen. Lakukan lumpur luntur dari permukaan perabot. Setelah itu, biarkan kering, dan oleskan mayones tanpa rasa. Terakhir, gosok dengan kain katun.

www.shutterstock.com Selain memeriksa kerusakan kecil pada permukaan furnitur, yakinkan diri Anda bahwa furnitur tersebut dalam keadaan utuh (solid). Jika Anda ingin membeli kursi, duduklah di kursi tersebut. Pastikan badan kursi utuh dan tidak goyang. Kalaupun butuh perbaikan, pastikan sesuai dengan harga yang ditawarkan.
Rangka

Beberapa perabot kayu, seperti kursi, meja, dan tempat tidur biasanya terbuat dari rangka sambungan. Maka, pisahkan dahulu rangka-rangka tersebut agar lebih mudah dibersihkan. Setelah itu, lap perabot kayu menggunakan kain lembut. Jika menemukan noda yang sulit dihilangkan, gunakan lap berbahan karet. Setelah benar-benar kering, sambung kembali rangka perabotan tadi.

Jamur

Kondisi lembab membuat perabot kayu mudah dimakan rayap. Untuk itu, membiarkan perabot benar-benar kering sebelum menyatukan bagian-bagiannya merupakan salah satu cara menghindari perabotan dari kelembaban dan jamur. Kelembaban mampu menimbulkan bintik-bintik pada batang kayu. Bintik tersebut dapat Anda hilangkan dengan menggunakan cairan anti jamur yang tersedia di toko bahan bangunan.

Jamur bintik-bintik putih juga dapat dibersihkan dengan terpentin atau campuran amonia dan air. Lap hingga kering. Restorasi kayu dengan krim khusus dan lanolin juga akan membantu memulihkan mebel kayu.

www.miff.com.my banjir
Mengkilap

Selain jamur, kayu yang kusam akibat terendam banjir dapat Anda kembalikan kilaunya. Caranya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Ambil kemiri, tumbuk sampai halus. Bungkus kemiri dengan air bersih, remas hingga minyak kemiri muncul dari pori-pori kain. Gunakan minyak tersebut untuk mengolesi dan menggosok perabot kayu.

Sudah cukup? Belum! Masih ada beberapa cara bisa Anda lakukan untuk membuat furnitur-furnitur ini tetap mengkilap. Simak langkahnya di Catat... Trik Mudah Mengkilapkan Kembali Perabot Kayu!.

Sumber: furniture.about.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com