Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneh... Gedung Ini Terbalik!

Kompas.com - 05/12/2013, 16:55 WIB
Latief

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Tampilannya aneh, tentu saja. Dengan pintu depan yang tinggi di udara dan posisi di sepanjang trotoar, bangunan ini tampaknya memang telah terbalik.

Sosok di balik bangunan itu adalah Alex Chinneck, seniman asal London. Alex membangun fasad nyeleneh gedung ini sebagai salah satu karya seninya untuk berpartisipasi dalam Festival Merge, sebuah festival seni tahunan di London.

www.dailymail.co.uk Dibangun pada 1780, gedung ini awalnya digunakan sebagai kandang kuda dan penyimpanan kereta sewaan. Akses melalui bangunan itu juga digunakan untuk mengangkut ternak hidup dan barang dari halaman untuk berdagang di sepanjang Sungai Thames.
Seniman berusia 29 yang tinggal di Hackney, London timur, ini mulai mengerjakan proyek tersebut pada Oktober lalu. Alex bekerja sama dengan berbagai perusahaan konstruksi untuk menciptakan karya seni yang ia sebut dengan Miner On The Moon. Bangunan terbalik ini berada di Blackfriars Road, London, rencananya memang akan dihancurkan.

"Saya tertarik pada gagasan bahwa ketika orang pergi ke sebuah galeri seni. Mereka pergi ke sana untuk banyak pilihan, dan mereka masuk ke dalam pengalaman yang mereka temui di tempat itu. Tapi dengan patung publik ini, orang tidak lantas membuat pilihan itu. Mereka mungkin tidak menyukai karya seni atau mungkin tidak ingin karya seni," ujar Alex.

"Untuk itu, meskipun karya seni yang cukup berani, karya seni juga harus memiliki kecerdikan dan kemampuan untuk menyamarkan ke lingkungannya," tambahnya.

www.dailymail.co.uk Tampilannya aneh, tentu saja. Dengan pintu depan yang tinggi di udara dan posisi di sepanjang trotoar, bangunan ini tampaknya memang telah terbalik.
Dibangun pada 1780, gedung ini awalnya digunakan sebagai kandang kuda dan penyimpanan kereta sewaan. Akses melalui bangunan itu juga digunakan untuk mengangkut ternak hidup dan barang dari halaman untuk berdagang di sepanjang Sungai Thames. Alex mengatakan, konsep untuk karya seni ini telah terinspirasi oleh bentuk bangunan dan warisan masa lalu.

"Bangunan aslinya telah disusun sesuai fungsi dalam pemikiran saya," kata Alex.

www.dailymail.co.uk Sosok di balik bangunan itu adalah Alex Chinneck, seniman asal London. Alex membangun fasad nyeleneh gedung ini sebagai salah satu karya seninya untuk berpartisipasi dalam Festival Merge, sebuah festival seni tahunan di London.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com