Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasat agar Setiap Ruang Bermanfaat...

Kompas.com - 02/06/2013, 11:22 WIB

KOMPAS.com — Bagi sebagian orang, memiliki hunian berukuran mungil, baik itu rumah tapak maupun rumah susun, bukan hal yang menyenangkan. Padahal, tinggal dalam hunian berukuran kecil dapat menjadi solusi praktis. Apalagi bila lokasinya di kota besar.

Membeli apartemen studio berukuran tak lebih dari 30 meter persegi, misalnya, selain bisa menjadi investasi di masa depan, juga menstimulasi profesional, pasangan muda, atau bahkan juga mahasiswa menuju tingkat kedewasaan lebih tinggi. Mereka bisa belajar menata hidupnya sendiri dan belajar menata desain hunian sesuai dengan seleranya.

Berikut ini contoh-contoh dekorasinya:

Dengan hanya memiliki ruang seluas 165 kaki persegi atau sekitar 15 meter persegi, Silvana dari Canneto Pavese, Italia, "mengakali" sempitnya hunian dengan membuat ruang penyimpanan yang terintegrasi dengan tempat tidurnya. Cara ini sangat efektit dalam pemanfaatan ruang, serta menjaga agar ruang tersebut tetap rapi.

Contoh kedua adalah sebuah hunian dengan ukuran 186 kaki persegi atau sekitar 17 meter persegi. Apartemen milik Kristopher di New York ini memanfaatkan sudut-sudut ruang sebagai tempat penyimpanan buku-buku sekaligus sepatu.

Jika menginginkan hunian yang terasa lebih hangat, apartemen satu ini dapat menjadi contoh tepat. Apartemen studio berukuran 224 kaki persegi (sekitar 20,8 meter persegi) milik Emily dari Boston, Amerika Serikat, ini menawarkan dekorasi yang terkesan lebih hangat dengan penggunaan lantai kayu dan dekorasi vintage.

Ingatlah bahwa kualitas hidup tidak selalu dapat diukur dengan ukuran luas rumah. Hunian-hunian berukuran mungil dalam bentuk apartemen studio mungkin dapat menjadi jawaban yang tepat bagi Anda atau putra-putri Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com