Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Dekorasi yang Perlu Dihindari

Kompas.com - 31/08/2012, 16:20 WIB

KOMPAS.com - Dekorasi merupakan hal penting untuk rumah Anda. Maka dari itu, Anda sebaiknya berhati-hati ketika mendekor rumah.

Umumnya, rumah dianggap merefleksikan selera dan kepribadian pemiliknya. Jika melakukan kesalahan dalam mendekorasinya, tidakkah itu akan memberikan kesan yang salah di mata tamu Anda? Berikut ini beberapa kesalahan dekorasi rumah seringkali dilakukan orang dan mudah-mudahan Anda tidak melakukan: 

Pengaturan mebel

Menaruh mebel di tempat yang salah merupakan kesalahan besar. Efek dari hal ini adalah Anda akan mendapati rumah begitu sempit dan berantakan.

Menaruh sofa besar dalam ruangan kecil juga suatu kesalahan. Ruangan tersebut dapat terasa sesak dalam sekejap.

Meja kecil di sisi sofa yang besar juga tidak tampak pas. Untuk itu, ada baiknya sebelum membeli mebel dan perabotan, Anda mengukur ukuran ruangan. Mebel terlalu besar tidak akan cantik terlihat di ruangan kecil. Jika memilih mebel berukuran kecil untuk ruangan besar, Anda justru akan membuat ruang tampak berantakan.

Barang berserakan dan tidak rapi

Terlalu banyak dekorasi membuat ruang di rumah Anda menjadi berantakan dan tampak tak beraturan. Ini termasuk menaruh terlalu banyak aksesori mahal di ruang tamu.

Untuk itu, pilih saja beberapa hiasan untuk ruangan Anda dan jangan sampai memenuhi ruangan tersebut. Tujuan utamanya agar ruangan tersebut tampak hidup dan cantik.

Terlalu matching

Mengatur keserasian antarmebel, perabotan, dan perlengkapan lain di rumah Anda adalah hal yang baik. Namun, terlalu serasi juga bukan hal baik. Jika terlalu serasi, justru yang tampak adalah keseragaman. Sofa, gorden, karpet, dan tudung lampu dengan corak sama akan membuat barang-barang di ruang Anda tampak berantakan dan tersebar.

Pencahayaan

Pencahayaan yang tidak tepat merupakan kesalahan besar seringkali Anda lakukan di rumah. Pastikan Anda memasang lampu terang untuk ruang-ruang yang digunakan untuk bekerja dan beraktivitas.

Di kamar tidur, jika tidak ingin lampu yang temaram, Anda dapat memilih lampu dengan dimmer. Dimmer dapat Anda manfaatkan untuk mengatur keredupan lampu.

Terlalu banyak kabel

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com