Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Instalasi Listrik Sebelum Merenovasi Dapur

Kompas.com - 31/08/2012, 11:57 WIB

KOMPAS.com - Ingin merombak dapur? Ada baiknya, pastikan jaringan listrik yang sudah terpasang tidak rusak dan terganggu oleh pekerjaan merenovasi.

Dapur adalah salah satu ruangan yang mewadahi perabot berdaya listrik besar. Karena itu, sebelum merenovasi ruangan ini, perhatikan instalasi listriknya. Cek apa saja kebutuhan di dapur, lalu pasang instalasi dengan benar.

Tentu, dapur yang nyaman tidak hanya indah dipandang mata, tetapi juga aman dari korslet listrik. Berikut beberapa hal berkaitan dengan instalasi listrik yang penting dicatat sebelum merenovasi dapur Anda:

Kebutuhan daya listrik

Catat home appliances yang Anda pakai di dapur, lengkap dengan spek teknisnya. Hitung daya listrik yang dibutuhkan untuk semua perabotan tersebut. Pastikan total daya listrik yang Anda miliki mencukupi.

Letak stop kontak

Tentukan peletakan masing-masing home appliances untuk menempatkan stop kontak home appliances yang dibuat built in dengan kitchen set. Tempatkan 3-4 stop kontak di bagian sudut dapur untuk portable home appliances.

Jauhi areal basah

Gunakan stop kontak tertutup dan jauhkan dari area basah. Minimal jarak yang dianjurkan 50cm. Gunakan mcb terpisah untuk home appliance yang memiliki daya besar seperti kompor listrik, oven dan microwave.

Sistem pembumian

Cek rumah Anda sudah menggunakan instalasi listrik dengan sistem pembumian. Home appliances yang seringkali berhubungan dengan air, seperti kulkas dan dishwasher dianjurkan menggunakan sistem ini untuk menghindari korslet. (Devi F. Yuliwardhani)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com