Ingin Mencerdaskan Warga Kota? Tiru Belanda! - Kompas.com

Ingin Mencerdaskan Warga Kota? Tiru Belanda!

Tabita Diela
Kompas.com - 09/08/2013, 08:37 WIB
www.designboom.com Penemuan-penemuan sederhana akan berdampak luar biasa. Salah satunya, penjepit buku berwarna merah menyala ini.
www.designboom.com Penjepit bernama
www.designboom.com Ruilbank merupakan salah satu bentuk intervensi pada bangku taman publik di kota Amsterdam, Belanda.
www.designboom.com Sama seperti klip pada umumnya, Ruilbank juga terbuat dari besi. Bedanya, klip ini berukuran lebih besar dari klip kertas dan dibubuhi cat berwarna merah menyala. Penduduk kota dapat menempatkan buku, majalah, koran, atau apa pun di klip tersebut.
www.designboom.com Penempatan klip ini bertujuan menciptakan ruang berbagi, sekaligus memelopori koneksi antarpenduduk lewat kegiatan berbagi bacaan.
KOMPAS.com — Penemuan-penemuan sederhana akan berdampak luar biasa. Salah satunya, klip berwarna merah menyala. Jika Anda berjalan menyusuri taman di kota Amsterdam, Belanda, Anda akan menemukan "Ruilbank", semacam klip berukuran besar yang menempel di bangku taman. Klip ini berguna untuk menyelipkan berbagai jenis bacaan bagi siapa pun yang kebetulan berada di bangku tersebut. Menurut situs resminya, www.ruilbankamsterdam.nl, Ruilbank merupakan salah satu bentuk intervensi pada bangku taman publik di kota tersebut.

Sama seperti klip pada umumnya, Ruilbank juga terbuat dari besi. Bedanya, klip ini berukuran lebih besar dari klip kertas dan dibubuhi cat berwarna merah menyala. Penduduk kota dapat menempatkan buku, majalah, koran, atau apa pun di klip tersebut.

Penempatan klip ini bertujuan menciptakan ruang berbagi, sekaligus memelopori koneksi antarpenduduk lewat kegiatan berbagi bacaan. Klip ini akan ditempatkan pada sepuluh bangku taman di seluruh kota. Sementara itu, bacaan akan disebarkan dari 28 Juli sampai 28 September 2013. Lokasi penempatannya pun tidak sembarangan. Tim yang memasang Ruilbank memilih lokasi-lokasi strategis, taman-taman yang banyak dikunjungi penduduk setiap hari.

Tim di balik proyek eksperimen sosial tersebut dipimpin oleh Project Manager Jose Subero, Project Manager Paula Colchero, Project Communication Migle Nevieraite, dan Conor Trawinski sebagai dokumentator. Jose Subero dan Paula Colchero merupakan arsitek dan desainer Pivot Creative, yang merupakan perusahaan di balik ide berbagi yang unik ini. Terdiri atas seorang arsitek dan desainer, perusahaan tersebut mengombinasikan pengetahuan produk dan desain arsitektur.

Menurut Jose dan Paula, pekerjaannya berfokus pada interpretasi ulang struktur yang ada. Mereka tertarik dengan tantangan memikirkan kembali realitas industrial dalam hubungannya dengan keadaan dan kebutuhan dalam kehidupan manusia.


Penjepit berukuran besar ini bisa ditempatkan pada berbagai sisi bangku taman dan bisa juga ditempatkan di dudukan bangku maupun sandaran bangku.

PenulisTabita Diela
EditorHilda B Alexander

Komentar
Close Ads X