Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infrastruktur, Pembicaraan Utama Gladys dan Jokowi

Kompas.com - 27/02/2017, 00:56 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SYDNEY, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Gubernur New South of Wales Gladys Berejiklian, di ruang pertemuan Hotel Shangri-La Sydney, Australia, Sabtu (25/2/2017).

Kunjungan berlangsung usai Presiden Jokowi mengadakan pertemuan bisnis dengan sejumlah pengusaha Australia.

Gladys merasa terhormat negara bagian yang dipimpinnya, New South of Wales, merupakan yang pertama dikunjungi Jokowi dalam lawatan kenegaraan selama dua hari di Australia.

"Ini kunjungan kehormatan. Pembicaraan dengan Jokowi sangat produktif," kata Galdys, usai pertemuan.

Indonesia, tambah dia, memiliki agenda infrastruktur besar. Sektor infrastruktur ini diakui Gladys merupakan bagian utama pembahasan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut menghadiri pertemuan tersebut menjelaskan, New South Wales memiliki arti penting dalam hubungan bilateral antara Indonesia dengan Australia.

Dari segi kependudukan, terdapat 41.435 Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di negara bagian New South Wales.

"Di sini terdapat 41.435 WNI yang tinggal di sini dari 68.000 WNI di Australia. Dari segi pelajar, ada 20.000 orang atau separuh lebih tinggal di sini," ungkap Retno.

Karena itu, selain membahas tentang infrastruktur, kunjungan kali ini juga dimanfaatkan Presiden Joko Widodo untuk menindaklanjuti kerja sama perdagangan antarkeduanya.

"Kunjungan kehormatan yang membahas kerja sama yang dapat dilakukan antara New South Wales dengan Indonesia," ucap Retno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com