Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2016, 16:02 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

 


KOMPAS.com – 
Sebuah studi di Inggris menyatakan, tinggal di dekat laut membawa manfaat bagi kesehatan seseorang. Kuncinya ada pada tingkat depresi. Itu juga alasan yang kerap disebut saat orang berlibur ke kawasan pantai.

"Kami menemukan bahwa ada bukti mencolok yang menyatakan penyataan (berlibur ke pantai mengurangi tingkat stres) itu benar," ujar kepala peneliti dari Peninsula College of Medicine and Dentistry di Exter, Inggris, Ben Wheeler seperti dikutip dari dailymail, Selasa (17/7/2012).

Penelitian yang dipublikasikan pada 2012 itu menganalisis informasi dari sekitar 48 juta penduduk Inggris. Mereka yang tinggal lebih dekat dengan laut terdata memiliki kondisi kesehatan lebih baik dibanding mereka yang bermukim jauh dari laut.

Para peneliti memasukkan beberapa faktor kesehatan dalam studi yang menjadi fokusnya itu. Beberapa hal diantaranya adalah usia, jenis kelamin, status sosial, dan ekonomi. Hasil riset menegaskan lagi bahwa benar orang yang tinggal di dekat laut memiliki riwayat kesehatan lebih baik dibandingkan orang perkotaan.

Namun, imbuh Wheeler, data ini ditengarai bukan merupakan hubungan sebab-akibat, melainkan asosiasi. Dia pun menyebutkan, ada faktor lain yang memiliki pengaruh lebih besar sehingga muncul data itu. 

Pantai dan manajemen stres

Riset lain datang dari Baker Heart Research Institute, organisasi penelitian dari Melbourne, Australia, pada 2014. Merujuk studi ini, seseorang yang tinggal di dekat laut berpeluang mendapat paparan sinar matahari lebih banyak daripada mereka yang bermukim jauh dari pantai.

Thinkstock Ilustrasi hunian dengan pemandangan pantai yang bisa dilihat lewat jendela

Pada dasarnya, sinar matahari dapat merangsang produksi serotonin—pembawa sinyal di otak yang mengatur suasana hati—dalam tubuh. Hal itulah yang dapat mempengaruhi mood seseorang jadi lebih baik.

"Semakin banyak sinar matahari yang didapat, semakin baik pula mood seseorang," terang penelitian tersebut.

Stres di kota metropolitan

Sayangnya, bagi sebagian orang yang hidup di kota metropolitan, kondisi itu seperti hal mustahil didapat. Lingkungan yang sudah terdistraksi dengan kemacetan dan polusi kerap dikaitkan sebagai pemicu stres.

Meski demikian, bukan berarti semua orang yang hidup di kota metropolitan akan terimpit stres. Di Indonesia misalnya, beberapa kota metropolitan masih memiliki pantai, sekalipun di Jakarta.

Di bagian Utara, beberapa pantai masih bisa dijadikan oase atas penatnya Ibu Kota. Maka tak heran, kalau akhir pekan, sepanjang pantai di sana bisa dipenuhi pengunjung.

properti.kompas.com Apartemen Regatta berlokasi dekat dengan Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Mengadaptasi studi dari Peninsula College of Medicine and Dentistry, warga Jakarta juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan kesehatan lebih baik dengan tinggal di dekat laut.

Terlebih lagi, sekarang sudah banyak permukiman yang terbangun di sana. Bahkan, hunian vertikal pun sudah bisa menjadi alternatif tempat tinggal.

Apartemen Regatta di kawasan Pantai Mutiara, Jakarta Utara, ini misalnya. Tak hanya di tepi pantai dan relatif dekat dengan pusat kota Jakarta, apartemen ini langsung menghadap laut dan memiliki sejumlah fasilitas rekreasi penunjang seperti tempat sandar yacht dan jetski.

Dengan konsep arsitektur yang menyerupai kapal layar terkembang, apartemen itu menyajikan pemandangan laut Jawa. Ditambah dengan fasilitas taman, jogging track, spa, dan fitness centre, tingkat stres akan lebih mudah diredam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com