Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/07/2016, 09:45 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

CIKUPA, KOMPAS.com - Perjalanan arus balik dari Pulau Sumatera menuju Jawa dengan melewati Tol Merak Sabtu (9/7/2016), cukup lancar.

Dari Gerbang Tol Merak sampai Gerbang Tol Karang Tengah, waktu yang ditempuh kendaraan hanya sekitar 60 menit atau satu jam. 

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pengendara yang masuk gerbang tol (GT) GT Merak pada pukul 05.20 WIB, memasuki GT Cikupa pada pukul 06.10 WIB.

Sedangkan di GT Serpong, pengendara sampai pada pukul 06.19 WIB dan Karang Tengah pukul 06.24 WIB.  Waktu tersebut ditempuh dengan kecepatan mobil 80-100 kilometer per jam.

Jalan tol yang lengang juga memungkinkan pengendara untuk melajukan kendaraannya pda kecepatan tersebut.

Antrean di seluruh GT terpantau tidak panjang dan hanya membutuhkan waktu beberapa detik sebelum pengendara melanjutkan penjalanan.

Seperti diketahui, Tol Jakarta-Merak memiliki total panjang 98 kilometer yang dibagi pengelolaannya oleh dua badan usaha jalan tol (BUJT) yaitu PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk Jakarta-Tangerang dan PT Marga Mandalasakti untuk Jalan Tol Tangerang-Merak.

GT Karang Tengah sendiri adalah perbatasan antara wilayah Tangerang dan DKI Jakarta.  Tol ini memiliki 5 fasilitas tempat istirahat (TI) yang dilengkapi dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com