Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Agar Suara Bising Tak Masuk Rumah....

Kompas.com - 15/07/2013, 15:47 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com -
Memiliki tempat tinggal tidak jauh dari jalan raya sebenarnya menguntungkan sekaligus merugikan. Keuntungannya, pemilik rumah dapat bepergian ke berbagai tempat dengan akses yang relatif mudah. Sebaliknya, pemilik rumah juga dapat terganggu dengan suara kendaraan, terutama pada malam hari. Hal ini dapat diatasi dengan mengurangi suara dari jalan raya ke dalam rumah.

Menurut Matthew Boughan dari Acoustical Solutions di Richmond, Virginia, Amerika Serikat, membarikade masuknya dan menyerap suara merupakan dua hal yang sangat berbeda. Menyerap suara cenderung lebih mudah ketimbang memblokade suara. Berikut ini beberapa cara menyerap suara.

Cara pertama adalah menambahkan panel akustik pada dinding rumah setebal 2,5 cm. Lapisi dinding rumah Anda dengan material ber-NRC (noice reduction rating) 0,85 atau lebih. Beberapa waktu lalu, System Development Representative PT Petrojaya Boral Plasterboad Suwarso kepada Kompas.com mengatakan pihaknya memiliki produk khusus untuk memberikan akustik yang lebih baik bagi rumah.

Produk tersebut bernama Jayabell. Ini merupakan sebuah papan gipsum yang berlubang dan memiliki lapisan tisu akustik. Papan ini dikembangkan khusus sehingga memiliki kemampuan menyerap suara yang baik, dan cocok digunakan bagi ruang-ruang berkebutuhan akustik khusus. Lubang-lubang tersebut dapat membantu menyerap suara dan mengurangi gaung yang terjadi di dalam ruangan. Papan ini dapat digunakan untuk melapisi plafon melengkung dan dinding.

Cara kedua adalah menggunakan pelapis lantai yang dapat menyerap suara. Pelapis lantai tersebut terdiri atas gabus (cork), karpet, dan lantai kayu.

Cara ketiga adalah memasang gorden pada jendela dan pemisah ruangan. Cara ini termudah sekaligus mampu melakukan dua hal, yaitu menyerap suara sekaligus memblokade suara. Pilihlah gorden berbahan tebal seperti beludru atau wol. Anda juga bisa memilih bahan-bahan hasil modifikasi.

Sebuah laboratorium di Swiss, EMPA, dan desainer tekstil Annette Douglas telah menciptakan gorden kedap suara. Kain yang digunakan untuk gorden tersebut bisa memasukkan sinar matahari ke dalam ruangan, namun tidak memasukkan polusi suara ke dalamnya. Gorden tersebut terbuat dari polyester yang telah dimodifikasi. Sayangnya, gorden ini baru beredar di Amerika Serikat dengan harga cukup tinggi, antara 72 dollar AS (Rp 717.846) hingga 123 dollar AS (Rp 1.2 juta) per meter.

Cara keempat adalah memastikan jendela dan pintu tidak akan "membocorkan" suara dalam keadaan tertutup. Bila perlu, lengkapilah jendela dan pintu dengan alat khusus "penyegel" suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com