Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkebun Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Bebas Depresi!

Kompas.com - 15/07/2013, 11:51 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com -
Sebuah survey yang dilakukan majalah Gardeners' World di Inggris menyebutkan, lebih dari 90 persen penggemar kegiatan berkebun merasa kegiatan tersebut dapat meningkatkan suasana hati mereka. Mereka juga tidak menunjukkan tanda-tanda ketidakbahagiaan atau depresi.

Survey ini melibatkan 1.500 orang dewasa. Dari jumlah tersebut, 80 persen penggemar kegiatan berkebun merasa puas dengan hidup mereka. Sementara itu, hanya 67 persen orang yang tidak menyukai kegiatan berkebun merasa puas dengan hidupnya.

Editor Gardeners' World Lucy Hall mengatakan, pihaknyai telah lama mencurigai hal tersebut, namun hasil penelitian tersebut benar-benar menunjukkan bahwa berkebun dapat membuat mereka bahagia.

Sebagian kebahagiaan tersebut datang dari kegiatan merawat sesuatu dan optimisme terhadap alam, bahwa bagaimana pun buruknya cuaca, selalu ada tahun depan. Kebahagiaan juga didapat dari kegiatan meneruskan bibit ilmu pengetahuan dan rasa senang melakukannya.

Mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat, 52 persen responden survey tersebut mengatakan bahwa mereka lebih tertarik pada kegiatan hobi berupa bermain komputer atau video game. Kegiatan berkebun menempati posisi kedua, 43 persen, begitu juga dengan kegiatan jalan-jalan atau naik gunung.

Kegiatan di luar ruangan tampaknya membawa lebih banyak kebahagiaan. Sebanyak 78 persen penggemar olah raga jalan kaki puas dengan hidupnya. Sementara 75 persen dari mereka yang gemar memancing merasa bahagia. Sayangnya, tidak disebutkan "tingkat kebahagiaan" mereka yang lebih tertarik bermain video game.

Jika Anda mulai tertarik dengan kegiatan berkebun, pertama-tama cobalah mencari tahu kondisi tanah di sekeliling rumah Anda. Jika lokasi tempat tinggal Anda tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan pot dan memanfaatkan media tanam ideal bagi tanaman-tanaman pilihan. Belilah tanaman yang sehat, tampak kuat, dan hindari tanaman "sakit" atau memiliki warna pudar. Selamat berkebun!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com