Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resolusi Berkebun di Tahun Baru

Kompas.com - 27/12/2012, 14:22 WIB

KOMPAS.com - Momen tahun baru umumnya menjadi momen tepat untuk perubahan, penetapan target, serta resolusi di tahun yang akan datang. Jika saat ini Anda sudah menetapkan target baru untuk hidup Anda, mengapa tidak Anda tetapkan juga resolusi untuk kebun Anda?

Sama seperti tubuh Anda, kebun juga membutuhkan perawatan. Nutrisi dan diet sehat dalam bentuk tanah yang gembur, pupuk seimbang, sinar matahari, dan cukup air harus ia dapatkan.

Ya, karena itulah, Anda perlu membuat resolusi berkebun di tahun depan untuk memastikan tanaman-tanaman Anda tumbuh dengan baik. Buatlah rencana rinci pada jenis-jenis tanaman yang Anda tanam. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui dengan pasti lama perkembangan tanaman.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan perubahan musim dan melakukan beberapa penyesuaian. Jangan lupa menuliskan daftar rencana Anda. Hal ini memudahkan Anda membeli keperluan yang kebun Anda butuhkan.

Sebelum menuliskan "daftar belanjaan" Anda, ada baiknya Anda mencari referensi mengenai tanaman dan keperluan khususnya. Selain "daftar belanja", Anda juga membutuhkan "jurnal kebun" dengan memanfaatkan kalender, notes, atau buku tulis untuk mencatat perkembangan kebun Anda.

Setelah selesai dengan berbagai persiapan, sekarang tengoklah kebun Anda dan pastikan area-area yang ada di kebun Anda. Periksa bagian yang paling sering terkena sinar matahari, dan bagaimana kondisi serta kemiringan tanah. Beberapa tanaman tidak kuat berada di bawah terik matahari atau lokasi berangin. Maka dari itu, dengan penempatan yang tepat, Anda tidak akan mendapatkan banyak masalah perawatan.

Selanjutnya, cobalah mengelompokkan tanaman sesuai tingkat kelembapan yang ia butuhkan. Dengan cara ini, Anda dapat menyiram dengan lebih mudah dan efektif.

Terakhir, pastikan tahun depan Anda hanya membeli bibit-bibit unggul. Kurangi penggunaan anti-hama dengan bahan kimia. Sisa-sisa pestisida akan terserap di tanah dan mencemari air di sekeliling kebun Anda.

Nah, selamat bersenang-senanglah di kebun dan lakukan hobi Anda ini sebagai resolusi di tahun depan!

(Sumber: tlc.howstuffworks.com) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com