Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tahan Lebih Lama, Begini Cara Merawat Genteng Beton

Kompas.com - 01/07/2024, 15:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Cara merawat genteng beton perlu diketahui masyarakat agar fungsinya sebagai penutup atap rumah bisa bertahan lama.

Umumnya genteng beton dapat bertahan hingga 60 tahun. Namun, genteng beton dapat bertahan lebih lama dari itu jika dipasang serta dirawat dengan benar.

Terkait perawatan genteng beton, salah satu kuncinya adalah dengan menjaga agar tidak retak karena mendapat tekanan.


Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan ketika melakukan perawatan genteng beton:

  • Jaga kebersihan genteng. Atap genteng beton terbuat dari semen, yang dapat menyerap air seiring waktu jika tidak dijaga kebersihannya. Jika genteng kotor atau dipenuhi jamur atau, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencopotnya dan menggantinya.
  • Gunakan penggaruk atap. Penggaruk dapat digunakan untuk menyapu debu dan kotoran yang terlepas dari permukaan atap. Saat hujan, Anda harus menggunakan alat ini untuk segera menghilangkan kelembapan berlebih sebelum sempat meresap ke celah atau retakan di antara genteng, yang dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur jika tidak ditangani.
  • Jangan meletakkan barang berat di atas genteng. Menyimpan benda dapat menyebabkan retakan pada permukaan yang akan bocor saat hujan atau salju turun lebat. Anda juga harus menghindari menyimpan barang yang mengandung minyak atau lemak di atas genteng, zat ini dapat merusak genteng seiring waktu dan menarik serangga seperti rayap dan semut.
  • Hindari penggunaan bahan kimia yang kuat. Pemutih atau pembersih abrasif dapat merusak permukaan genteng jika tidak dibilas secara menyeluruh setelahnya.

Baca juga: Genteng Tanah Liat Vs Beton, Mana Pilihan Anda?

Selain itu, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk memperpanjang usia genteng beton lebih lama lagi:

  • Pastikan talang air Anda tetap bersih. Material atap yang bersih berarti tidak ada genangan air yang terperangkap di dalamnya seiring waktu yang dapat menyebabkan kerusakan di bawah atap rumah seiring waktu jika dibiarkan tidak dirawat dalam waktu yang lama.
  • Pastikan semua ventilasi tertutup rapat. Ventilasi yang tertutup akan membantu mencegah kerusakan akibat angin selama badai, yang dapat menyebabkan keretakan pada genteng.

Di samping itu, kunci untuk genteng beton tahan lama adalah membersihkannya dengan benar. Berikut tiga langkah mudah untuk membersihkan genteng beton:

  • Semprotkan air hangat ke permukaan setiap ubin dengan botol semprot atau selang. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak air.
  • Setelah Anda membersihkan permukaan setiap ubin dengan air, pastikan tidak ada genangan air yang tertinggal di atasnya; jika masih ada genangan air yang tertinggal setelah disemprot air, semprot lagi hingga genangan air hilang seluruhnya.
  • Setelah semua ubin kering, bersihkan sisa-sisa kotoran di bawah setiap ubin menggunakan sapu atau sikat lainnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com