Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Memiliki Dapur di Bagian Depan Rumah?

Kompas.com - 08/03/2024, 11:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia desain rumah, secara tradisional, dapur ditempatkan pada area belakang dan seringkali terletak jauh dari pintu masuk utama.

Namun, muncul tren yang menentang kebiasaan tersebut dengan memposisikan dapur di bagian depan rumah.

Pendekatan yang tidak konvensional ini mendapatkan daya tarik dari banyak calon pembeli rumah yang ingin mendobrak kebiasaan dan menyegarkan konsep ruang hidup.

Seperti dikutip dari laman Heart Home Magazine, memiliki dapur di bagian depan rumah merupakan hal yang bisa dilakukan.

Baca juga: Ubah Ruang Kosong di Bawah Tangga Rumah Jadi Dapur Cantik

Apalagi pada bagian depan rumah biasanya jumlah cahaya alami cukup banyak sehingga bisa mengubah ruangan dapur yang biasanya gelap menjadi area yang lebih terang.

Untuk rumah dengan ruang terbatas atau tata letak arsitektur unik, penempatan dapur di area depan rumah juga merupakan solusi inovatif dalam memaksimalkan penggunaan ruang.

Namun demikian, penempatan dapur di depan rumah juga memiliki banyak tantangan. Tantangan utamanya adalah masalah privasi.

Baca juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Bikin Dapur di Area Outdoor

Terlebih bila dapur berada di dekat dengan ruang tamu. Tentu merupakan hal yang mengganggu privasi jika ada orang lain yang berkunjung.

Dapur yang ada di area depan rumah dapat menimbulkan bau dan suara yang tidak diinginkan sehingga membutuhkan lebih banyak ventilasi.

Meskipun terlihat berbeda, penempatan dapur yang tidak konvensional mungkin hanya menarik beberapa pembeli, sehingga berpotensi mempengaruhi daya jual rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com