Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Mengapa Kamar Mandi di Rumah Anda Berbau Tidak Sedap

Kompas.com - 31/10/2023, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan salah satu area di rumah yang diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

Namun, bagaimana jadinya bila kamar mandi di rumah Anda mengeluarkan bau tidak sedap? Tentu saja hal tersebut membuat para penghuni rumah merasa tidak nyaman.

Penting untuk mengetahui alasan yang tepat dibalik bau tak sedap di kamar mandi agar bisa ditangani secara benar.

Baca juga: Cara Efektif Usir Kecoa dari Kamar Mandi

Berikut 3 alasan yang paling sering memicu timbulnya bau tidak sedap pada kamar mandi seperti dikutip dari laman Mr Rooter Plumbing. 

1. Tersumbatnya saluran air

Semua kotoran dan rambut dihasilkan ketika Anda membersihkan diri dapat menyebabkan penyumbatan saluran air di kamar mandi.

Jika dibiarkan, penyumbatan saluran air ini bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Hal ini menyebabkan bau tidak sedap yang keluar dari saluran pembuangan kamar mandi Anda.

 

2. Saluran pembuangan toilet rusak

Terkadang, lapisan segel lilin di sekitar toilet Anda bisa rusak, sehingga gas di dalam saluran pembuangan masuk ke kamar mandi.

Meskipun kedengarannya mudah untuk diperbaiki, Anda sebenarnya perlu mencopot seluruh toilet untuk mengganti segel lilin tersebut.

Karena itu, jika masalah ini terjadi, disarankan untuk menyewa tukang ledeng. Melakukannya sendiri bisa berpotensi menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

Baca juga: 3 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Memilih Pintu Kamar Mandi

3. Tangki septic tank penuh

Beberapa rumah memiliki sistem drainase yang terhubung langsung ke septic tank. Jika rumah Anda salah satunya dan Anda mencium bau tak sedap di kamar mandi, periksa tangki terlebih dahulu.

Jika tangki sudah penuh, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengurasnya. Panggil petugas dan lakukan pengurasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com