Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini Cara Merawat Pintu Kayu agar Bertahan Lama

Kompas.com - 26/10/2023, 10:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kayu merupakan salah satu material yang dapat memberikan tampilan hangat sehingga banyak digunakan untuk pintu rumah.

Bagi yang memiliki pintu kayu di rumah, sangat penting untuk merawatnya dengan tepat agar bisa bertahan lama.

Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan pintu kayu tanpa merusaknya seperti dikutip dari laman Digest House. 

Baca juga: Pintu Kayu Sulit Ditutup Saat Musim Hujan? Mungkin Ini Penyebabnya

1. Bersihkan debu secara teratur

Untuk membersihkan debu pada pintu kayu, cukup gunakan kain lembut atau kemoceng. Bersihkan area celah-celah dan ukiran, karena bagian tersebut sering kali menjadi tempat berkumpulnya debu. 

Setelah selesai membersihkan debu, seka pintu dengan kain lembab untuk menghilangkan residu. Untuk hasil terbaik, bersihkan pintu Anda setidaknya seminggu sekali.

2. Bersihkan noda

Bila ada noda pada pintu kayu di rumah, bersihkan dengan larutan cuka. Komposisinya, campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:4.

Dengan bantuan kain lembut atau spons, gosok pintu secara perlahan dengan larutan cuka. Pastikan untuk membilas pintu dengan baik setelahnya dengan air bersih untuk menghilangkan sisa cuka.

Jika masih ada noda membandel, Anda bisa menggosoknya dengan pasta yang terbuat dari soda kue dan air dengan perbandingan 1:1.

 

3. Bersihkan gagang pintu

Untuk membersihkan gagang pintu, mulailah dengan menghilangkan debu dengan menggunakan kain mikrofiber kering.

Setelah, oleskan sedikit cairan pembersih serbaguna ke kain dan seka kembali gagang tersebut. Selanjutnya, bilas gagang dengan air bersih dan keringkan.

Baca juga: 3 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Memilih Pintu Kamar Mandi

4. Lapisi dengan semir kayu

Mengaplikasikan semir kayu pada pintu kamar mandi tidak hanya membantu menyamarkan kotoran, namun dapat mengembalikan kilau pintu tersebut.

Cukup oleskan sedikit semir pada kain bersih dan gosokkan pada pintu dengan gerakan memutar. Setelah melapisi seluruh pintu, gosok kembali dengan kain kering untuk menghilangkan sisa endapan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com