Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Bisa Ditambah Lantai Mezzanine, Berapa Tinggi Ruangan yang Ideal?

Kompas.com - 10/07/2023, 21:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum membangun lantai mezzanine di rumah, salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ialah ketinggian ruangan.

Mengingat, lantai mezzanine merupakan ruangan tambahan yang dibangun di antara lantai dan langit-langit. Sehingga di dalam rumah satu lantai terdapat tambahan lantai.

Artinya, lantai tersebut memanfaatkan area kosong di bagian atas ruangan sebagai tambahan lantai. Lagipula lantai mezzanine dapat diaplikasikan pada setiap ruang bangunan.

Kendati demikian, mezzanine biasanya berfungsi paling baik di atas ruang tamu yang tidak memerlukan langit-langit tinggi atau banyak sinar matahari seperti dapur atau kamar mandi.

Di sisi lain, ketinggian ruangan juga harus diperhatikan apabila akan ditambahkan lantai mezzanine. Hal itu demi kenyamanan penghuni rumah.

Baca juga: Ingin Buat Lantai Mezzanine di Rumah? Pertimbangkan Dulu Hal Ini

Lantas, berapa tinggi ruangan yang ideal agar bisa ditambahkan lantai mezzanine?

Dikutip dari laman The Constructor, tinggi lantai mezzanine minimal sebaiknya 2 meter. Sementara tinggi lantai di bawahnya juga 2 meter.

Apabila ditambahkan dengan ketebalan material lantai mezzanine 20 centimeter, maka tinggi ruangan yang baik untuk direncanakan memiliki lantai mezzanine adalah sekitar 4,2 meter.

Sementara untuk luas lantai mezzanine, sebaiknya sepertiga dari luas lantai di bawahnya. Hal itu jika berdasarkan International Building Code.

Contohnya, apabila luas ruang tamu 9 meter persegi, maka luas lantai mezzanine yang disarankan sekitar 3 meter persegi.

Namun, jika ada dua atau lebih lantai mezzanine di sebuah ruangan gedung, jumlah luas lantai mezzanine tidak boleh lebih besar dari sepertiga jumlah luas lantai di bawahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com