Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Kursi Rotan di Rumah

Kompas.com - 01/06/2023, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun belakangan ini, kursi rotan telah menjadi salah satu tren di dunia dekorasi dan desain rumah.

Tak hanya populer untuk penggunaan bagian interior, kursi rotan juga kerap ditempatkan pada bagian luar ruangan.

Bagi yang masih ragu-ragu, berikut 5 alasan mengapa Anda harus menggunakan kursi rotan sebagai furnitur di rumah.

Baca juga: Sangat Indonesia, Rotan Sering Dipilih Mahasiswa Jadi Material Perabot

Mudah diperbaiki

Kursi rotan bisa bertahan lama. Namun, jika ada retakan yang muncul seiring berjalannya waktu, furnitur ini dapat dengan mudah diperbaiki dalam waktu singkat.

Yang Anda butuhkan hanyalah minyak biji rami rebus dan oleskan pada retakan menggunakan bantuan kuas.

Punya beragam warna dan tekstur

Salah satu alasan terbesar mengapa Anda harus memiliki kursi rotan adalah karena produk ini tersedia dalam berbagai warna dan desain.

Beberapa warna kursi rotan yang hadir di pasaran mulai dari kopi hitam hingga karamel bisa disesuaikan dengan desain hunian secara keseluruhan. Beberapa jenis furnitur juga menawarkan pola dan tekstur yang beragam.

 

Tahan lama

Furnitur rotan merupakan salah satu furnitur yang paling tahan lama. Asal dirawat dengan tepat, furnitur ini pun masih akan terlihat seperti baru meskipun sudah dipakai selama bertahun-tahun.

Karena sifat ini, Anda tak perlu repot lagi membeli furnitur baru selama beberapa tahun ke depan. Jika bosan dengan suasana, Anda bisa melapisi kursi rotan dengan cat baru.

Baca juga: Ini Material Furnitur Terbaik untuk Teras Rumah Minimalis

Tahan terhadap paparan sinar UV

Jika untuk kepentingan outdoor, pastikan bahan furnitur yang dipilih tahan paparan sinar UV. Ini sangat penting terutama bagi Anda yang tinggal di daerah tropis. 

Material rotan sendiri tidak memiliki efek buruk walaupun terpapar sinar matahari yang ekstrim. Oleh karena itu tidak akan pudar atau terbelah meskipun ditempatkan di bawah matahari.

Ramah lingkungan

Ingin mencari furnitur ramah lingkungan? Maka kursi rotan adalah jawabannya. Rotan merupakan material alami yang bisa didaur ulang.

Selain itu, dalam proses produksinya, kursi rotan tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya sehingga aman untuk Anda dan keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com