Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipe Cat Warna Krem Terbaik untuk Lemari Kayu di Dapur Anda

Kompas.com - 27/04/2023, 20:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com -Cat warna krem tak hanya cocok untuk diaplikasikan pada permukaan dinding rumah namun juga pada lemari kayu di area dapur.

Pengaplikasian cat warna krem dapat secara instan merubah tampilan lemari kayu menjadi lebih baru dan modis.

Meskipun demikian, tidak semua tipe cat warna krem dapat diaplikasikan ke lemari kayu. Beberapa tipe cat bahkan tidak bisa bertahan lama.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Minyak pada Permukaan Cat Tembok Warna Krem

Dua tipe cat yang biasanya digunakan untuk lemari kayu adalah tipe cat minyak dan tipe cat lateks.

Setiap cat yang berbahan dasar minyak terkenal dengan hasil akhirnya yang tahan lama. Jadi, ini bisa menjadi pilihan Anda saat mempertimbangkan tipe cat terbaik lemari kayu di area dapur.

Cat berbasis minyak membuat permukaan sangat mudah dibersihkan. Jika Anda membuka lemari dengan tangan yang lengket atau berminyak, Anda dapat dengan mudah menggosok bekasnya tanpa khawatir cat akan aus atau pudar.

Meskipun demikian, cat berbahan dasar minyak memiliki beberapa kekurangan yang sulit diabaikan saat mengecat lemari.

 

Cat tipe ini memiliki kandungan VOC yang tinggi dan membutuhkan waktu lama untuk mengering. Bahkan Anda harus menunggu sampai 16 jam untuk mengaplikasikan lapisan cat baru.

Tanpa sirkulasi udara yang baik pada ruangan, Anda bahkan bisa menunggu berhari-hari sampai cat mengering.

Selain itu, permukaan yang dilapisi cat berbahan dasar minyak dapat berubah warna menjadi kuning seiring waktu sehingga lemari yang dicat berwarna krem akan terlihat kotor.

Baca juga: Untung Rugi Mengaplikasikan Cat Minyak pada Lemari Minimalis Kayu

Disisi lain, cat lateks adalah pilihan terbaik untuk sebagian besar lemari dapur karena menawarkan kandungan VOC yang lebih rendah dan lebih cepat kering.

Formula cat lateks yang semakin modern membuatnya lebih banyak digunakan di area dapur. Kini, banyak cat lateks sekarang diproduksi dengan daya tahan lebih tinggi terhadap gosokan.
Saat mengecat lemari kayu, Anda harus menyiapkan permukaannya dengan benar sebelum menggunakan cat lateks.

Bila cat berbahan dasar minyak akan menghasilkan permukaan yang halus, cat lateks lebih cenderung menunjukkan variasi pada butiran atau teksturnya.

Jika Anda menginginkan tampilan cat yang rata, Anda harus melakukan banyak persiapan terlebih dahulu agar proyek pengecatan Anda berhasil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com