Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2023, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Jamur sangat rentan tumbuh pada area dengan tingkat kelembaban tinggi termasuk pada keramik kamar mandi Anda.

Keramik kamar mandi yang terinfeksi jamur harus segera ditanggulangi sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Salah satu tanda keramik kamar mandi Anda terserang jamur adalah muncul garis-garis merah dan oranye pada permukaan keramik.

Baca juga: Gampang dan Murah! Basmi Jamur di Rumah Hanya Dengan Cuka

Kemudian, lendir hijau kehitaman mulai muncul di sekitar ubin. Bila ada tambahan tanda lendir merah muda di sekitar garis nat keramik, maka kemungkinan besar area tersebut sudah terserang jamur.

Cara terbaik untuk memastikan bahwa lendir pada keramik tersebut adalah jamur maka Anda dapat menggunakan kit penguji jamur yang dijual bebas di pasaran.

Metode lainnya yang bisa digunakan adalah dengan mencelupkan lap bersih ke dalam larutan pemutih. Kemudian, oleskan lap tersebut pada lumpur atau lendir yang ada di keramik.

 

Bila warna lendir tersebut kemudian berubah menjadi lebih cerah atau berubah warna, maka bisa dipastikan bahwa lendir tersebut adalah lendir jamur.

Jamur tak hanya dijumpai pada permukaan keramik namun ada juga jamur yang tersembunyi di balik keramik.

Jamur berkembang biak dengan sangat cepat dengan melepaskan spora ke udara. Kelembaban, panas, dan bahan organik seperti debu atau kulit manusia menyediakan lingkungan terbaik bagi jamur untuk tumbuh.

Jadi setiap kali Anda menggunakan air hangat di kamar mandi, baik untuk mandi atau sekadar mencuci tangan dan muka, Anda berkontribusi pada habitat yang disukai jamur.

Baca juga: Tak Punya Jendela di Kamar Mandi? Begini Cara Jitu Cegah Pertumbuhan Jamur

Jamur akan muncul dalam waktu 48 jam setelah spora dilepaskan dari organisme yang ada ketika suhu di dalam ruangan memungkinkan.

Infeksi Jamur pada permukaan terlihat dengan mata telanjang dan dapat dihilangkan dengan bantuan produk pembersih. Namun, spora yang tak terlihat menyebabkan kerusakan paling parah.

Karena itu, rutinlah membersihkan kamar mandi Anda dan pastikan area tersebut memiliki ventilasi yang cukup untuk mengurangi kelembaban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com