Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2023, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA,KOMPAS.com -Keramik kamar mandi merupakan salah satu pilihan penutup lantai yang paling populer untuk area kamar mandi.

Meskipun tahan lama, keramik kamar mandi juga membutuhkan perawatan dan pembersihan yang tepat agar berumur panjang.

Seperti dikutip dari HGTV, lantai keramik kamar mandi wajib disapu atau divakum minimal dua atau tiga kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menyingkirkan pasir yang menumpuk.

Baca juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Keramik Kamar Mandi

Setelah itu, campurkan deterjen dengan air panas dan aplikasikan dengan kain lap ke area lantai. Ganti air di dalam ember larutan pembersih sesering mungkin agar kain pel yang digunakan tidak meninggalkan lapisan kotoran yang keruh di lantai.

Selain deterjen, Anda juga bisa membuat pembersih sendiri dengan mencampurkan jus lemon atau cuka dengan air panas. Oleskan ke lantai lalu gosok hingga kering dengan kain bersih.

Untuk pembersihan yang menyeluruh, gosok lantai keramik Anda dengan sikat yang lembut. Langkah ini bisa secara instan mencerahkan ubin dan sambungan atau nat keramik.

 

Gunakan larutan deterjen berbusa rendah, atau larutkan bubuk pembersih lantai komersial dalam 1 galon air. Bilas sampai bersih.

Jangan lupa menjaga kebersihan nat keramik. Nat yang kotor tidak elok secara estetika. Nat berpori dan mudah menyerap kotoran, minyak, dan bahan lainnya sehingga harus dibersihkan dengan rutin.

Baca juga: Kenapa Dinding Rumah Sakit Dipasangi Keramik?

Semprot nat dengan cairan pembersih nat komersial. Anda juga bisa menggunakan larutan pemutih yang dilarutkan dengan air. Diamkan pembersih tersebut selama 10 menit.

Kemudian, gunakan sikat gigi untuk menggosok nat, lalu pel lantai. Bilas hingga bersih dan lantai keramik Anda pun akan kinclong seperti semula.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber HGTV


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com