Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Plafon Minimalis di Rumah Anda Punya Noda Kuning?

Kompas.com - 15/11/2022, 20:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Kehadiran plafon minimalis tak hanya bisa membuat hunian terasa lebih sejuk namun juga rapi dan tertata.

Namun apa jadinya bila plafon di rumah Anda memiliki noda berwarna kuning? Tentu saja hal ini sangat mengganggu secara estetika.

Ternyata ada beberapa alasan mengapa plafon minimalis memiliki noda kuning yang cukup mengganggu.

Penyebab paling umum dari bercak kuning dan noda di plafon adalah tetesan air. Saat air keluar dari batas pipa atau masuk dari bagian luar rumah, kelembapan secara bertahap merembes ke permukaan berpori apa pun yang ada di dekatnya.

Baca juga: Sederet Keuntungan Punya Plafon Minimalis dari Bahan PVC

Akhirnya, kelembapan ini menumpuk dan merusak permukaan plafon bahkan bisa, menembus ke sisi lain.

Rembesan air tersebut bisa menggelapkan material plafon nahkan seringkali mengarah ke warna coklat kekuningan dengan batasan yang jelas pada permukaan yang lebih terang.

Air dapat masuk ke langit-langit Anda dengan berbagai cara. Jika pipa yang berdekatan dengan plafon Anda bocor, maka air dapat merembes.

Ini bisa juga terjadi bila kamar mandi Anda berada tepat di atas plafon. Rembesan air dari bak mandi dan pancuran dapat masuk ke lantai kamar mandi dan turun ke plafon di bawahnya.

Penyebab kedua adalah asap rokok. Seperti Anda ketahui, asap rokok yang berlebihan dapat menodai gigi Anda dengan warna kuning kecokelatan.

Asap rokok ternyata juga bisa menodai dinding, langit-langit, dan permukaan lain yang bisa menyerap asap tersebut.

Bila ada perokok aktif di dalam rumah Anda, maka kemungkinan besar plafon akan berwarna kuning terutama jika asapnya sering mengarah ke atas.

Sayangnya, noda kuning ini cukup sulit dihilangkan.Pengecatan interior memang dapat menutupi noda namun tidak akan menghilangkan kelembaban dan bau busuk.

Baca juga: Cara Mendekorasi Plafon Minimalis di Kamar Tidur Si Kecil

Penyebab terakhir plafon minimalis di rumah Anda memiliki noda kuning adalah karena jamur. Seringkali, langit-langit yang berjamur berhubungan langsung dengan masalah air, karena jamur tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan hangat.

Namun, tidak semua jamur akan tampak kuning. Beberapa jenis jamur terlihat berwarna coklat, abu-abu, hijau, hitam, atau bahkan putih.

Jika jamur memang menjadi penyebabnya, Anda harus segera menghilangkannya, karena dapat menyebabkan masalah pernapasan dan masalah kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com