Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Panik jika Api Kompor Gas Berwarna Hijau, Ini yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 15/11/2022, 08:30 WIB
Monica Noviola,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber StovePedia

KOMPAS.com – Jika saat ini Anda pengguna kompor gas, namun api yang dikeluarkan berwarna hijau, jangan panik.

Api hijau memang tidak normal pada kompor gas, karena pada dasarnya api kompor gas berwarna biru. Sehingga Anda menganggap bahwa kompor gas mengalami kerusakan dan ingin segera memperbaikinya.

Merawat kompor gas sangat penting. Jika kompor gas tidak berfungsi, dapat melepaskan emisi berbahaya yang mencemari makanan atau menyebabkan masalah pernapasan.

Api hijau di kompor gas menunjukkan ada yang salah dengan proses pembakaran. Bagaimanapun, warna nyala api tergantung pada proses pembakaran dan apa sebenarnya yang terbakar.

Lantas, bagaimana cara kerja proses pembakaran pada kompor gas yang berfungsi sempurna?

Baca juga: 6 Keuntungan Menggunakan Kompor Listrik Dibanding Kompor Gas

Pada dasarnya kompor gas mencampur gas dengan oksigen, dan reaksi kimia dari pembakaran menghasilkan karbon dioksida, uap air, dan panas. Ini berlaku untuk kompor gas LPG dan PNG.

Ketika warna api berubah menjadi hijau, itu berarti tidak ada cukup oksigen untuk sejumlah besar gas atau zat lain yang mencemari campuran bahan bakar.

Ada beberapa alasan umum yang menyebabkan api kompor gas berubah menjadi hijau. Jika kompor gas Anda mengeluarkan api hijau, bisa jadi karena salah satu faktor berikut.

1. Campuran bahan bakar berlebihan

Pembakaran bahan bakar yang berlebihan dengan sedikit oksigen dapat mengakibatkan api hijau. Anda harus ingat, meskipun gas tidak dapat terbakar dengan lebih sedikit oksigen atau lebih banyak bahan bakar.

Inilah sebabnya mengapa kompor gas membutuhkan rasio udara-bahan bakar yang tepat.

Ketika campuran bahan bakar terlalu banyak, namun tidak ada cukup oksigen untuk gas dalam jumlah tinggi, reaksi kimianya akan berbeda dari biasanya.

Bahan bakar masih akan terbakar, menghasilkan karbon dioksida, uap air, dan karbon monoksida. Api hijau adalah salah satu tanda potensial dari masalah ini.

2. Ada sisa cairan pembersih

Jika Anda melihat nyala api hijau tepat setelah membersihkan kompor gas dengan cairan pembersih, ini akan menjelaskan perubahan warna nyala api.

Halaman:
Sumber StovePedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com