Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Panik jika Api Kompor Gas Berwarna Hijau, Ini yang Harus Diperhatikan

Api hijau memang tidak normal pada kompor gas, karena pada dasarnya api kompor gas berwarna biru. Sehingga Anda menganggap bahwa kompor gas mengalami kerusakan dan ingin segera memperbaikinya.

Merawat kompor gas sangat penting. Jika kompor gas tidak berfungsi, dapat melepaskan emisi berbahaya yang mencemari makanan atau menyebabkan masalah pernapasan.

Api hijau di kompor gas menunjukkan ada yang salah dengan proses pembakaran. Bagaimanapun, warna nyala api tergantung pada proses pembakaran dan apa sebenarnya yang terbakar.

Lantas, bagaimana cara kerja proses pembakaran pada kompor gas yang berfungsi sempurna?

Pada dasarnya kompor gas mencampur gas dengan oksigen, dan reaksi kimia dari pembakaran menghasilkan karbon dioksida, uap air, dan panas. Ini berlaku untuk kompor gas LPG dan PNG.

Ketika warna api berubah menjadi hijau, itu berarti tidak ada cukup oksigen untuk sejumlah besar gas atau zat lain yang mencemari campuran bahan bakar.

Ada beberapa alasan umum yang menyebabkan api kompor gas berubah menjadi hijau. Jika kompor gas Anda mengeluarkan api hijau, bisa jadi karena salah satu faktor berikut.

1. Campuran bahan bakar berlebihan

Pembakaran bahan bakar yang berlebihan dengan sedikit oksigen dapat mengakibatkan api hijau. Anda harus ingat, meskipun gas tidak dapat terbakar dengan lebih sedikit oksigen atau lebih banyak bahan bakar.

Inilah sebabnya mengapa kompor gas membutuhkan rasio udara-bahan bakar yang tepat.

Ketika campuran bahan bakar terlalu banyak, namun tidak ada cukup oksigen untuk gas dalam jumlah tinggi, reaksi kimianya akan berbeda dari biasanya.

Bahan bakar masih akan terbakar, menghasilkan karbon dioksida, uap air, dan karbon monoksida. Api hijau adalah salah satu tanda potensial dari masalah ini.

2. Ada sisa cairan pembersih

Jika Anda melihat nyala api hijau tepat setelah membersihkan kompor gas dengan cairan pembersih, ini akan menjelaskan perubahan warna nyala api.

Beberapa cairan pembersih sering tertinggal pada pembakar atau pipa yang menyertainya. Cairan ini mencemari campuran bahan bakar dan terbakar bersamanya, yang dapat menyebabkan api hijau.

Ini terutama terjadi pada cairan pembersih yang mengandung klorin.

3. Pembakaran tembaga

Bagian tembaga yang terkorosi dari peralatan atau alat terkadang mencemari campuran bahan bakar-udara dan mengirim ion tembaga ke dalam nyala api.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk membeli kompor gas berkualitas dari merek yang bagus untuk mengurangi kemungkinan komponen tembaga yang terkorosi menyebabkan nyala api hijau.

Jangan abaikan ketika api kompor gas Anda berubah menjadi hijau. Jika Anda merasa masalah menjadi rumit, jangan ragu untuk memperbaiki kompor gas.

https://properti.kompas.com/read/2022/11/15/083000521/jangan-panik-jika-api-kompor-gas-berwarna-hijau-ini-yang-harus-diperhatikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke