Kompas.com - 03/10/2022, 14:15 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Freon AC merupakan salah satu komponen yang penting dalam air conditioner (AC) atau pendingin udara.

Kehadiran freon AC akan menghasilkan udara yang sejuk di dalam ruangan sehingga orang bisa beraktivitas dengan nyaman.

Seperti dikutip dari Medical News Today, freon AC dikatakan bisa menimbulkan bahaya bagi manusia ketika terhirup dalam jumlah yang besar.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Freon AC di Rumah Cepat Habis

Namun, paparan ringan freon di area yang berventilasi baik biasanya tidak serius, termasuk ketika kulit Anda terkenal paparan freon dalam jumlah kecil.

Freon sejatinya merupakan gas yang hampir tidak berbau dan tidak berasa. Jadi terkadang seseorang tidak sadar ketika menghirupnya dalam jumlah banyak.

Gas freon dapat memotong suplai oksigen sehingga orang bisa kesulitan bernapa. Karena itu sangat berbahaya jika seseorang menghirup zat pendingin dalam jumlah besar karena dapat menyebabkan kematian.


Salah satu penyebab dari keracunan freon adalah paparan yang tidak disengaja karena Anda harus bekerja dengan produk ini. Misalnya menjadi teknisi AC. 

Namun, kecil kemungkinan penghuni rumah akan keracunan akibat ada AC yang bocor, karena asumsinya peralatan tersebut berada di area yang memiliki ventilasi udara bagus. 

Baca juga: Waspada Freon AC Anda Habis, Kenali Ciri-cirinya

Beberapa gejala ringan dari keracunan freon antara lain sakit kepala, iritasi pada mata, telinga, dan tenggorokan, pusing, muntah, mual dan batuk.

Jika seseorang telah menghirup freon secara tidak sengaja, mereka harus segera menghubungi layanan darurat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.