Kompas.com - 15/09/2022, 21:30 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Panel surya merupakan salah satu pilihan investasi terbaik yang dapat dilakukan saat ini karena dapat meningkatkan nilai properti di masa depan.

Semakin banyaknya orang yang beralih untuk menggunakan energi bersih membuat orang tertarik untuk membeli properti yang sudah dilengkapi dengan panel surya.

Namun, jika Anda sudah membelinya sekarang sampai berapa lamakah panel surya tersebut dapat bertahan?

Seperti dikutip dari laman Energy Sage, standar industri untuk masa produktif panel surya adalah 25 hingga 30 tahun.

Baca juga: Jangan Salah Kaprah, Ini 5 Mitos Keliru tentang Panel Surya

Namun, panel surya tidak akan mati setelah 30 tahun, melainkan outputnya akan berkurang secara signifikan di bawah proyeksi pabrikan.

Meskipun biaya yang dikeluarkan pada awalnya cukup besar, tetapi panel surya dapat mengimbangi penggunaan listrik di rumah Anda selama beberapa dekade.

Panel surya akan terus bekerja selama beberapa dekade, mengingat mereka produk ini secara fisik tidak mudah rusak karena terpaan angin, puing-puing, atau faktor eksternal lainnya.


Sebuah studi tahun oleh National Renewable Energy Laboratory (NREL) menemukan bahwa, rata-rata output panel surya turun 0,8 persen setiap tahun.

Jadi artinya, pada tahun kedua setelah pembelian, panel Anda akan beroperasi pada 99,2 persen dari output aslinya.

Sementara pada pada akhir masa pakai yakni saat berumur 25 tahun mereka, panel surya Anda masih akan beroperasi pada angka 82,5 persen.

Ilustrasi rumah berkelanjutan atau ramah lingkungan, Ilustrasi rumah menggunakan atap panel surya. Shutterstock/Diyana Dimitrova Ilustrasi rumah berkelanjutan atau ramah lingkungan, Ilustrasi rumah menggunakan atap panel surya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.