Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapakah Lama Sebuah Panel Surya Dapat Bertahan?

Kompas.com - 15/09/2022, 21:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Panel surya merupakan salah satu pilihan investasi terbaik yang dapat dilakukan saat ini karena dapat meningkatkan nilai properti di masa depan.

Semakin banyaknya orang yang beralih untuk menggunakan energi bersih membuat orang tertarik untuk membeli properti yang sudah dilengkapi dengan panel surya.

Namun, jika Anda sudah membelinya sekarang sampai berapa lamakah panel surya tersebut dapat bertahan?

Seperti dikutip dari laman Energy Sage, standar industri untuk masa produktif panel surya adalah 25 hingga 30 tahun.

Baca juga: Jangan Salah Kaprah, Ini 5 Mitos Keliru tentang Panel Surya

Namun, panel surya tidak akan mati setelah 30 tahun, melainkan outputnya akan berkurang secara signifikan di bawah proyeksi pabrikan.

Meskipun biaya yang dikeluarkan pada awalnya cukup besar, tetapi panel surya dapat mengimbangi penggunaan listrik di rumah Anda selama beberapa dekade.

Panel surya akan terus bekerja selama beberapa dekade, mengingat mereka produk ini secara fisik tidak mudah rusak karena terpaan angin, puing-puing, atau faktor eksternal lainnya.


Sebuah studi tahun oleh National Renewable Energy Laboratory (NREL) menemukan bahwa, rata-rata output panel surya turun 0,8 persen setiap tahun.

Jadi artinya, pada tahun kedua setelah pembelian, panel Anda akan beroperasi pada 99,2 persen dari output aslinya.

Sementara pada pada akhir masa pakai yakni saat berumur 25 tahun mereka, panel surya Anda masih akan beroperasi pada angka 82,5 persen.

Ilustrasi rumah berkelanjutan atau ramah lingkungan, Ilustrasi rumah menggunakan atap panel surya. Shutterstock/Diyana Dimitrova Ilustrasi rumah berkelanjutan atau ramah lingkungan, Ilustrasi rumah menggunakan atap panel surya.

Untuk menentukan proyeksi keluaran panel surya Anda setelah beberapa tahun, Anda cukup mengalikan tingkat degradasi dengan jumlah tahun yang Anda minati dan kurangi angka itu dari 100 persen.

Kabar baiknya, tingkat degradasi panel surya terus meningkat karena teknologi panel surya menjadi lebih baik selama bertahun-tahun, dan tingkat degradasi di bawah 1 persen merupakan hal yang umum dijumpai.

Baca juga: Bolehkah Mencuci Panel Surya dengan Deterjen?

Bahkan banyak panel baru yang hanya mengalami penurunan output energi sebesar 0,5 persen per tahun.

Saat pembelian, produsen juga akan memberikan garansi kinerja panel surya berlaku selama 25 tahun sejak pembelian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com