Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Logam yang Cocok Dijadikan Fasad Rumah Minimalis

Kompas.com - 08/09/2022, 16:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Houzz

 

JAKARTA,KOMPAS.com - Banyak material yang bisa dimanfaatkan sebagai fasad rumah minimalis modern. Salah satunya adalah material logam.

Fasad logam tak hanya melindungi eksterior rumah minilamis dari pengaruh cuaca namun juga menjadi daya tarik estetik yang menawan.

Bahan logam hadir dalam berbagai pilihan yang masing-masing memiliki tampilan unik sehingga membentuk karakter berbeda pada fasad rumah minimalis.

Seperti dikutip dari laman Houzz, berikut 5 jenis logam yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik fasad rumah.

Baca juga: 5 Pilihan Fasad untuk Percantik Tampilan Rumah Minimalis

1. Aluminium

Aluminium adalah bahan yang ringan namun sangat kuat untuk dijadikan sebagai fasad rumah minimalis.

Karena sifatnya yang cenderung lunak, aluminium mudah dibentuk sesuai keinginan. Namun Anda harus memilih material yang tebal karena penting untuk daya tahan dan masa pakai yang lebih lama.

Aluminium merupakan jenis logam yang paling tahan air dan melindungi dari masalah kelembaban sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk rumah pesisir.

Perawatan material sangat murah dan dapat dicat ulang minimal satu tahun sekali untuk tampilan yang baru.

2. Seng

Material seng sangat serbaguna dan banyak digunakan dalam arsitektur minimalis. Material ini mudah dibentuk sehingga sangat fleksibel untuk menyesuaikan dengan desain.

Material seng sangat tahan lama dan minim biaya perawatan serta memiliki lapisan alami yakni patina yang tahap terhadap oksidasi.

Seng juga merupakan pilihan material yang berkelanjutan karena dalam proses produksinya membutuhkan lebih sedikit energi daripada logam lainnya.

Baca juga: Kapan Fasad Kaca Gedung Bertingkat Harus Dibersihkan? Ini Kata Ahli

3. Tembaga

Tembaga merupakan material yang akan memiliki karakter berbeda tergantung masa pakainya. Sehingga bisa digunakan untuk rumah tradisional dan juga rumah minimalis modern.

Warna tembaga yang kecokelatan bisa memancarkan tampilan hangat di bagian fasad. Material ini sangat cocok bila dikombinasikan dengan kayu, beton, batu, kaca, serta fasad logam lainnya.

Rumah minimalis yang memiliki fasad dari material kayu dan logamShutterstock Rumah minimalis yang memiliki fasad dari material kayu dan logam

4. Baja

Pilihan logam selanjutnya yang bisa dijadikan fasad rumah minimalis adalah baja. Material ini ringan, kuat, dan tahan di segala cuaca.

Pola gelombang pada baja menambah kedalaman dan tekstur pada fasad dan tersedia dalam berbagai warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com