Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selo Group Tawarkan Solusi Konstruksi Precrafted Hemat Biaya 20 Persen

Kompas.com - 01/09/2021, 10:30 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KJAKARTA, KOMPAS.com - Selo Group memperkenalkan produk Selo Precrafted, proses konstruksi yang diklaim lebih cepat dan hemat biaya dibandingkan konstruksi konvensional.

Konstruksi precrafted adalah praktik produksi berbagai komponen yang dilakukan di lokasi pabrik untuk kemudian dikirimkan ke lokasi pembangunan.

Menurut CEO Selo Group Andrew Corkery, metode ini menghasilkan solusi produksi yang inovatif dan efisien untuk menciptakan bangunan yang berkelanjutan, berkualitas, dan mampu menghemat ongkos konstruksi 20 persen.

Dia menjelaskan, Selo Precrafted adalah design-led process, presisi, dan akurat yang menitikberatkan pada fase desain dibanding saat pembangunan.

Baca juga: Selo Group Berkomitmen Ciptakan Properti Ramah Lingkungan di Indonesia

Selain itu, pra-produksi komponen konstruksi memungkinkan desain dan proses konstruksi berjalan bersamaan, sehingga menghemat waktu dan biaya.

Selo Precrafted mencakup tiga proses yakni tahap desain dan engineering yaitu tahap perancangan desain dan perencanaan desain modular.

Selanjutnya adalah tahap produksi dan panelisasi yang melibatkan produksi kerangka dan komponen struktur dengan kualitas dan presisi yang konsisten di pabrik.

Tahap terakhir adalah fase konstruksi untuk merakit komponen di lokasi pembangunan.

"Metode ini menawarkan berbagai keuntungan, seperti kecepatan, mengurangi kebutuhan akan pekerja dengan keahlian tinggi, return of investment lebih cepat dengan peluang lebih besar untuk memenuhi permintaan pasar, fleksibilitas desain," ujar Andrew dalam konferensi pers virtual, Selasa (31/8/2021).

Kemudian, berkurangnya dampak lingkungan dengan sedikitnya jumlah limbah pembangunan sebagai hasil dari desain dan produksi yang akurat.

Dengan produksi material di awal, konstruksi precrafted dapat diselesaikan dalam waktu lebih singkat dibanding konstruksi konvensional karena pengelasan atau pemotongan di lokasi pembangunan tidak diperlukan, sehingga mengurangi kebutuhan akan pekerja dengan keahlian tinggi.

Konstruksi modular memberikan fleksibilitas dalam hal desain struktur. Penerapan beberapa desain arsitektur yang tidak mungkin diaplikasikan dengan metode tradisional, sehingga menciptakan bentuk bangunan inovatif dan bentuk atap yang tidak konvensional.

Untuk saat ini, Selo Group memproduksi Selo Precrafted dengan kapasitas 18 unit per minggu dengan pangsa pasar seluruh Indonesia.

Selo Precrafted ini telah diimplementasikan pada portofolio resort dan vila mewah, termasuk Selong Selo Resort & Residence, di Lombok Selatan.

Properti ini berjarak 25 menit berkendara dari Bandara Internasional Lombok dan menawarkan lebih dari 50 vila mewah dengan satu hingga tujuh kamar tidur, layanan spa lengkap, club house, Aura Bar & Lounge, kids club, dan akses ke beach club.

Berdampingan dengan resort adalah surf villa eksklusif berjumlah 20 unit dengan tipe studio, satu atau dua kamar tidur dan kolam renang pribadi.

Selo Group juga mengundang investor untuk berinvestasi dalam sembilan lot lahan yang tersisa di tahap tiga Serangan, Lombok dengan infrastruktur terintegrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com