BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

4 Hal Krusial yang Mesti Diperhatikan Saat Beli Hunian di Perumahan

Kompas.com - 01/09/2021, 08:03 WIB
Perumahan Zena di BSD City Sinar Mas LandPerumahan Zena di BSD City

KOMPAS.com – Tinggal di kawasan perumahan memiliki kelebihan tersendiri. Selain bangunan rumah yang tertata rapi, pengembang juga biasanya sudah memikirkan eksklusivitas penghuninya sejak awal, termasuk privasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diberitakan Kompas.com, Rabu (17/2/2021), privasi yang lebih terjaga di lingkungan perumahan memungkinkan penghuni dan anggota keluarganya untuk beraktivitas secara bebas tanpa dihadapkan pada keramaian, kebisingan, atau kemacetan.

Kelebihan tersebut semakin bertambah lantaran saat ini banyak perumahan sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang menunjang kebutuhan penghuni.

Seluruh aspek eksklusivitas tersebut membuat banyak orang menginginkan tinggal di kompleks perumahan.

Saat ini, tak sulit menemukan produk perumahan. Calon penghuni tinggal mencari hunian yang sesuai kebutuhan dan bujet. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa memilihnya secara asal.

Ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan sebelum membeli rumah agar tidak menyesal di kemudian hari. Terlebih, pembelian rumah membutuhkan kocek yang tidak kecil.

Berikut empat hal krusial yang mesti diperhatikan saat hendak membeli hunian di perumahan.

1. Kesesuaian produk hunian dengan brosur

Banyaknya iklan properti membuat Anda harus lebih teliti. Sebab, tak jarang rumah yang diiklankan tidak sesuai dengan kondisi aslinya.

Karena itu, sebaiknya survei terlebih dahulu perumahan dan unit yang hendak dibeli. Pengecekan dilakukan agar Anda bisa memastikan kondisi produk sesuai dengan iklan yang ditawarkan.

Adapun poin yang diperhatikan saat melakukan survei adalah kelengkapan fasilitas, keberadaan bangunan, dan keadaan lingkungan sekitar perumahan.

Selain itu, tanyakan juga mengenai kelengkapan perizinan bangunan kepada pihak pengembang. Hal ini penting jadi perhatian agar Anda terhindar dari masalah hukum setelah melakukan pembelian.

2. Pertimbangkan lokasi

Lokasi menjadi hal penting selanjutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli hunian di kompleks perumahan.

Pastikan perumahan yang hendak dibeli punya lokasi strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas, seperti kesehatan, pusat perbelanjaan, dan pendidikan.

Lalu, perhatikan juga akses transportasi di kawasan tersebut. Akan lebih menguntungkan jika di kawasan perumahan tersedia transportasi umum sehingga dapat menunjang mobilitas harian.

Selain itu, pastikan juga lingkungan perumahan yang hendak dibeli aman, bebas banjir, dan ramah keluarga.

Cluster Miami di Kota Wisata CibuburSinar Mas Land Cluster Miami di Kota Wisata Cibubur

3. Konsep bangunan rumah

Selain faktor lingkungan, Anda juga mesti memikirkan konsep bangunan rumah. Ada baiknya hunian yang dibeli sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Untuk menilai kualitas bangunan, Anda dapat mengecek material yang digunakan, desain, dan tata ruang rumah.

Pada rumah berkonsep minimalis, misalnya, Anda perlu memastikan ruang-ruang yang disediakan dapat mengakomodasi seluruh fungsi hunian, setidaknya untuk kebutuhan standar, mulai dari kamar, dapur, hingga kamar mandi.

Selain minimalis, banyak pengembang juga menyediakan rumah berkonsep klasik dan modern. Pilihlah konsep yang dapat membuat Anda dan keluarga merasa nyaman ketika menempatinya.

4. Cek kredibilitas developer

Membeli rumah saat ini tak terlalu sulit karena ada banyak pilihan developer di luaran sana. Meski begitu, pastikan Anda memilih produk hunian hanya dari pengembang berpengalaman dan berportofolio baik.

Sebab, produk properti yang dibangun developer berpengalaman biasanya sudah terjamin kredibilitasnya. Mereka juga biasanya sudah memperhitungkan segala aspek sehingga Anda tak perlu meragukan standar dan kualitasnya.

Oleh karena itu, pilihlah developer yang berpengalaman dan tepercaya, seperti Sinar Mas land.
Untuk diketahui, Sinar Mas Land merupakan developer berpengalaman yang memiliki berbagai proyek di indonesia.

Selain itu, Sinar Mas Land merupakan anggota Persatuan Perusahaan Realestate Indonesia (REI). Jadi, rekam jejak perusahaan tersebut tak perlu diragukan lagi.

Sinar Mas Land juga sudah banyak menyabet beragam penghargaan bergengsi, baik dari dalam maupun luar negeri, dalam kurun lima tahun ke belakang.

Penghargaan itu adalah FIABCI Golden Award di Andorra (2017), MIPIM di Hong Kong (2017), MIPIM Award di Perancis (2018), Asia Pacific Property Awards 2018 di Thailand (2018), dan Best Developer dari Indonesia Property Award 2020.

Tak hanya itu, Sinar Mas Land juga berhasil menyabet beragam penghargaan lain, yakni Best Developer 2020 dari PropertyGuru Indonesia Propery Awards, Brand of The Year untuk Property Developer Indonesia dari World Branding Awards, serta Top 10 Developer Awards dari BCI Asia.

Terbaru, Sinar Mas Land juga menerima penghargaan prestisius Gold Winner pada ajang 30th FIABCI World Prix d'Excellence Awards 2021 pada kategori The International Real Estate Federation yang digelar Juni 2021.

Untuk memanjakan konsumen, pada September 2021, selain promo reguler, terdapat program Ninetastic dari Sinar Mas Land. Program ini memberikan promo Xtra Benefit sampai dengan 2.99 persen untuk berbagai properti pilihan.

Adapun terdapat sembilan produk properti yang dapat dipilih pada promo tersebut, yakni Virginia Arcade, Zena, dan Ruko ICE Business Park yang berlokasi di BSD City, Tangerang, serta Kavling Pulau Sepa-Taman Permata Buana di Jakarta Barat.

Selanjutnya ada Cluster Miami dan Nashville—Kota Wisata, Ruko Commpark—Legenda Wisata di Cibubur, Klaska Residences di Surabaya, serta Ruko Palladium dan A6 di Balikpapan.

Kawasan tersebut juga dilengkapi dengan beragam fasilitas, mulai dari pusat perbelanjaan, kesehatan, hingga pendidikan.

Sinar Mas Land turut menyediakan e-catalog untuk memudahkan konsumen melihat portofolio properti perusahaan tersebut.

Lewat katalog elektronik tersebut, konsumen berpeluang mendapatkan berbagai informasi detail terkait ketersediaan properti, mulai dari proyek, klaster, hingga tipe unit.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai promo Xtra Benefit program Ninetastic Sinar Mas Land, silakan kunjungi laman website Sinar Mas Land atau ecatalog.sinarmasland.com.

Anda juga dapat menghubingi hubungi call center Sinar Mas Land di nomor 021-53159000.

Itulah empat hal yang bisa Anda jadikan pegangan saat ingin membeli properti di kompleks perumahan. Pastikan produk yang hendak dipilih sudah sesuai dengan bujet kebutuhan.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.