Kompas.com - 11/08/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi masjid. SHUTTERSTOCKIlustrasi masjid.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengizinkan tempat ibadah di daerah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 mengadakan kegiatan keagamaan dengan kapasitas maksimal 50 persen atau 50 orang.

Tempat ibadah yang dimaksud adalah masjid, mushala, gereja, pura, vihara, dan klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diketahui, hanya terdapat dua wilayah yang ditetapkan berstatus Level 2 pada PPKM Jawa-Bali yaitu Kabupaten Sampang di Jawa Timur serta Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat.

Ketentuan ini sebagaimana tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Inmendagri diterbitkan sebagai tindaklanjut dalam kebijakan perpanjangan PPKM Level 2, 3, dan 4 demi mencegah penyebaran Covid-19.

Kebijakan tersebut terhitung berlaku sejak Selasa (10/8/2021) hingga Senin (16/8/2021) di wilayah Jawa dan Bali.

Baca juga: Semua Tempat Ibadah dan Fasum di Jawa-Bali Ditutup Sementara Selama PPKM Darurat

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (09/08/2021).

"Atas arahan Presiden Republik Indonesia maka PPKM Level 4 hingga, 3 dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021," terang dia.

Lantas, bagaimana dengan tempat ibadah di daerah PPKM level 3 dan 4?

Untuk daerah yang ditetapkan berstatus level 3 dan 4 tempat ibadah juga diizinkan beroperasional dalam mengadakan kegiatan keagaman

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.