Kompas.com - 04/08/2021, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat kos atau popular disebut kos-kosan merupakan salah satu kebutuhan bagi para perantau, untuk bekerja atau menempuh sekolah/kuliah.

Kos menjadi pengganti tempat tinggal sementara bagi mereka. Namun, menemukan dan menentukan kos yang nyaman dan cocok bukan hal yang mudah.

Terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam memilih kos-kosan. Berikut daftarnya:

1. Jarak

Pilihlah jarak kos yang berdekatan dengan tempat tujuan Anda sehari-hari misalnya dekat dengan kampus.

Baca juga: Kiat Investasi Rumah Kos ala Tantri Kotak bagi Pemula

Jarak yang dekat dengan tempat tujuan Anda akan memudahkan untuk pergi dan pulang setiap hari. Jarak yang dekat menjadikan Anda memiliki waktu yang panjang untuk beristirahat.

Selain itu, jarak antar kos dengan lokasi yang sangat dekat, dapat membantu Anda untuk tidak mengeluarkan ongkos transportasi.

2. Harga sewa ramah kantong

Harga sewa kos jadi pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang. Anda harus menyesuaikan harga kos dengan dana yang dimiliki.

Cari tahu juga sistem pembayaran di setiap tempat kos yang Anda survei, apakah per bulan, per tiga bulan atau per tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.