15 Hotel di The Nusa Dua Bali Mulai Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

Kompas.com - 03/08/2021, 15:00 WIB
Aplikasi PeduliLindungi ITDCAplikasi PeduliLindungi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) mulai menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di 15 hotel dalam kawasan The Nusa Dua.

Tujuannya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung dan wisatawan yang datang, tinggal, dan beraktivitas di dalam kawasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penggunaan aplikasi ini merupakan implementasi dari program digital tracing Covid-19 PeduliLindungi di lokasi pariwisata, yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Bali, ITDC, serta GIPI Bali/BTB.

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di dalam kawasan tersebut dilakukan dengan menyediakan Quick Response (QR) Code di masing-masing lokasi wisata seperti hotel, restoran, dan fasilitas lain yang wajib di-scan oleh setiap pengunjung.

Baca juga: The Nusa Dua Tingkatkan Tata Kelola Kawasan Berbasis Protokol Kesehatan

Selain 15 hotel, terdapat enam fasilitas, Pulau Peninsula, serta Kantor ITDC di Kawasan The Nusa Dua yang telah memiliki QR Code aplikasi PeduliLindungi, yang dipasang pada pintu masuk masing-masing lokasi.

“Kami menyambut baik program digital tracing melalui QR Code aplikasi PeduliLindungi yang ditujukan untuk mendukung pengelolaan lokasi pariwisa yang bebas Covid-19," kata Ardita dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Selasa (03/8/2021).

Ardita meyakini bahwa penerapan QR Code PeduliLindungi di kawasan The Nusa Dua ini akan sangat membantu tenant terutama dalam memonitor kepadatan pengunjung serta mengetahui indikator resiko berdasarkan kapasitas maksimal hotel maupun fasilitas yang dikelola.

"Sementara bagi pengunjung, penggunaan QR Code ini akan memudahkan mereka mengetahui kapasitas dan ketersediaan tempat di lokasi yang dikunjungi," jelasnya.

Terdapat dua QR Code yang disediakan oleh setiap tenant, terdiri dari QR Code untuk check-in dan QR Code untuk check-out.

Pengunjung yang telah melakukan scan QR Code check-in secara otomatis akan terdaftar sebagai “penduduk” sementara di lokasi yang dikunjungi, sampai saat meninggalkan lokasi dan melakukan scan QR Code check-out.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.