Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunani Segera Miliki Gedung Pencakar Langit 200 Meter

Kompas.com - 09/07/2021, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Firma arsitek Inggris, Foster + Partners merilis desain gedung pencakar langit yang akan menjadi tertinggi di Yunani.

Gedung yang akan dibangun berlokasi di dekat kota Athena itu akan diberi nama Marina Tower.

Tak seperti gedung pencakar langit lain yang megah, Marina Tower akan ditutupi oleh tanaman hijau.

Seperti dikutip dari Dezeen, Kamis (08/07/2021), Marina Tower akan didirikan di sekitar Agios Kosmas Marina, yang merupakan salah satu pusat wisata di Yunani.

Baca juga: Lima Perpustakaan Umum Terbaik Dunia Tahun 2021

Gedung ini dirancang setinggi 200 meter. Ketika selesai dibangun, ketinggian gedung ini hampir dua kali lipat dari pemegang rekor gedung tertinggi Yunani saat ini, yakni Athena Tower 1.

Athena Tower 1 diketahui hanya 103 meter dan berisi 28 lantai. Gedung yang dibuka untuk umum pada tahun 1971 ini dirancang oleh Ioannis Vikelas.

Menurut Foster + Partners, Marina Tower ini akan menjadi "gedung tinggi hijau pertama" di negara Yunani.

Berisi 200 apartemen yang tersebar di 45 lantai, terlihat pemandangan garis pantai yang tidak terhalang dan mendapatkan pencahayaan alami yang baik.

Secara eksternal, Marina Tower tampak seperti bagunan bersiluet ramping yang tertutup tanaman. Didesain seperti ini agar bisa berbaur dengan karakter khas lanskap Mediterania.

"Rencana induk Ellinikon memberikan arah baru untuk pembangunan perkotaan di Athena, menyatukan cara hidup baru, bekerja dan bermain, semuanya berpusat di taman metropolitan," kata mitra senior Foster + Partners, Antoinette Nassopoulos -Erickson.

Foster + Partners adalah firma arsitektur internasional yang didirikan Norman Foster pada tahun 1967. Diharapkan pembangunan Marina Tower rampung dalam lima tahun ke depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com