Kompas.com - 20/05/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi miniatur rumah. Dok. BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPRIlustrasi miniatur rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, pembangunan Program Sejuta Rumah (PSR) telah mencapai 280.490 unit per 11 Mei 2021.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pembangunan PSR terus dilaksanakan meski masih dalam kondisi Pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada Ramadhan lalu, pembangunan rumah terus kami dorong dan dari data yang dimiliki jelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah lalu atau tepatnya 11 Mei 2021 capaiannya menembus 280.490 unit,” ujar Khalawi dikutip dari siaran pers, Rabu (19/05/2021).

Berdasarkan arahan Menteri PUPR, PSR harus terus dilaksanakan mengingat kekurangan kebutuhan atau backlog perumahan di Indonesia terus mengalami peningkatan.

Dia melanjutkan, rumah layak huni menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus terpenuhi untuk menjaga imunitas agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

Khalawi mengatakan, PSR pada dasarnya merupakan upaya pemerintah demi menggerakkan berbagai pemangku kepentingan di bidang perumahan untuk membangun rumah layak huni bagi masyarakat sebanyak-banyaknya.

Bentuk pembangunannya tidak hanya rumah tapak saja, melainkan juga bisa berupa hunian vertikal.

Baca juga: Kuartal I Tahun 2021, Program Sejuta Rumah Capai 164.071 Unit

Targetnya, sebanyak 70 persen untuk rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 30 persen untuk rumah non-MBR.

Khalawi mengatakan, capaian pembangunan PSR didominasi oleh rumah MBR yaitu sebanyak 91 persen dan 9 persen lainnya bagi rumah non-MBR.

Rinciannya, total rumah MBR yang berhasil dibangun sebanyak 255.139 unit dan rumah non-MBR sebanyak 25.351 unit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.