Sisa Tirai Jendela Lipat Didaur Ulang Jadi Tas dan Pot Tanaman

Kompas.com - 30/04/2021, 08:00 WIB
Daur ulang sisa produk window blind PT Sandimas Intimitra Daur ulang sisa produk window blind

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sandimas Intimitra mengembangkan program daur ulang dengan memanfaatkan sisa bahan pembuatan produk tirai jendela lipat (window blind) untuk dijadikan sebuah produk rumahan sehari-hari.

Direktur PT Sandimas Intimitra Jenfilia Suwandrei Arifin mengatakan, daur ulang tersebut dilakukan dalam upaya mewujudkan sirkulasi ekonomi yang lebih berkelanjutan.

"Kami dengan serius mengembangkan brand Föld untuk menjadi salah satu brainchild yang melengkapi lini bisnis dan sekaligus mewujudkan ekonomi sirkular yang lebih berkelanjutan," kata Arifin dalam keterangan tertulis, Kamis (29/04/2021).

Arifin menjelaskan, sisa bahan window blind itu kemudian dirancang oleh enam desainer terkenal asal Indonesia untuk dijadikan sebagai produk rumahan seperti tas dan juga pot tanaman

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Kaca Jendela, Gunakan Tepung Jagung dan Cuka

Keenam desainer tersebut yaitu Domisilium (DMDIO)XLana Daya, Riri Yakub, Sandy Karman, Nonita Respati dari Purana, Tutu (Tutugraff), dan Budiman Ong dari Ong Cen Kuang.

"Produk yang dihasilkan bermacam-macam seperti tas dan pot tanaman, lampu karang tetapi paling banyak produk berupa tas," ucap Arifin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arifin menuturkan, saat ini penting sekali setiap perusahaan untuk berkontribusi terhadap lingkungan dan keberlanjutan.

Terutama dengan cara mendaur ulang sisa-sisa produksi menjadi sesuatu hal yang bermanfaat.

Lingkungan dan keberlanjutan adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan serius. Kami punya begitu banyak bahan sisa yang tidak bisa digunakan untuk produksi window blind dan masih dalam kondisi yang sangat bagus.

"Oleh karena itu, kami harus melakukan sesuatu untuk mengurangi jejak karbon dan mengoptimalkan fungsi dari bahan yang kami gunakan," imbuh dia.

Baca juga: Sederet Khasiat Baking Soda, Ternyata Tak Hanya untuk Membuat Kue

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X